Barongsai Target 4 Medali Emas dari Porwil XI Sumatra

Barongsai Target 4 Medali Emas dari Porwil XI Sumatra

MULAI BERTANDING : Atlet barongsai Lampung tengah mencoba venue pertandingan barongsai Porwil Sumatra di Riau 2023.-FOBI Lampung-

RADARTV – Kontingen Barongsai Provinsi Lampung menargetkan empat medali emas dari arena Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatra di Pekanbaru, Provinsi Riau 4-14 November 2023. 

Cabor barongsai Porwil XI Sumatera, akan mulai dilangsungkan di GOR Basket, Rumbai Sport Center,  Pekanbaru, Ahad 5 November 2023.

Ada 10 nomor dipertandingkan. Dari jumlah itu, kontingen Lampung akan bertanding di 9 nomor.  

"Cabor barongsai mempertandingkan sepuluh nomor. Kita (Lampung) ikut sembilan nomor," kata Manajer Tim Barongsai Lampung Solihin, Sabtu (4-11-2023).

Nomor yang diikuti Tim Barongsai Lampung antara lain, naga kecepatan, barongsai taolu bebas, barongsai kecepatan dan barongsai halang rintang. Lalu nomor barongsai tradisional, pekingsai kecepatan dan pekingsai halang rintang.

Pihaknya memasang target tinggi yakni mampu meraih empat medali emas."Untuk lolos ke PON (Pekan Olahraga Nasional) tahun 2024, minimal harus meraih medali perak. Nah, dari sembilan nomor itu, kita targetkan empat medali emas," jelasnya.

Solihin mengaharapkan doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Lampung, agar cabor barongsai bisa mencapai target di Porwil dan lolos ke PON XXI Aceh – Sumatra Utara 2024. 

”Besar harapan kami, bisa meloloskan sebanyak mungkin nomor yang diperlombakan,” tandasnya. 

Barongsai Kali Pertama Masuk PON 

Untuk kali pertama, barongsai dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI. Menyusul usaha keras, Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) memperjuangkan barongsai menjadi satu cabang olahraga PON Aceh-Sumatera Utara (Sumut) XXI 2024. 

Dalam daftar sebaran cabor yang dikeluarkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, dan ditandatangi oleh oleh Ketua Umum, Letnan Jenderal TNI (Purn) Marciano Norman, dari Provinsi Aceh terdapat 31 cabor yang akan berlaga. Sementara di Provinsi Sumatera Utara, ada 35 cabang olahrga, salah satunya Barongsai.

Barongsai merupakan tarian tradisional Tiongkok dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Barongsai sudah akrab dan sangat lekat dlama kehidupan masyarakat perkotaan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: