Keramas: Rutinitas Kebersihan atau Ancaman bagi Kesehatan Rambut

Selasa 08-10-2024,20:54 WIB
Reporter : MG-16 Panji Akbar Wardana
Editor : Jefri Ardi

BANDAR LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM -Keramas atau mencuci rambut adalah bagian penting dari kebersihan diri, namun terlalu sering mencuci rambut justru dapat membahayakan kesehatan rambut, kulit kepala dan dapat berdampak negatif.

 Keramas akan membuat rambut terasa segar, namun keramas berlebihan dapat mengganggu keseimbangan minyak alami yang dihasilkan kulit kepala.

 Berikut beberapa alasan penting mengapa tidak boleh keramas terlalu sering.

1. Hilangnya Minyak Alami Rambut 

 Kulit kepala kita memproduksi (Sebum) minyak alami yang melindungi rambut dari kerusakan sekaligus menjaganya tetap terhidrasi. Minyak ini dapat membantu melindungi rambut dari sinar matahari, polusi, dan faktor lingkungan lainnya.

 Keramas terlalu sering akan menghilangkan minyak alami tersebut, sehingga membuatnya kering, rapuh, dan kusam. Selain itu, hilangnya minyak ini dapat menghilangkan perlindungan alami rambut, membuatnya menjadi kurang sehat serta lebih rentan patah.

BACA JUGA:Kupu-kupu Vs Mahasiswa Aktif : Mengenal Gaya Hidup Mahasiswa

2. Kulit Kepala Menjadi Kering dan Iritasi.

  Terlalu sering keramas dapat membuat kulit kepala dehidrasi sehingga membuatnya kering dan teriritasi. Kulit kepala kering sering kali menimbulkan rasa gatal yang jika terus digaruk dapat menyebabkan jaringan parut dan peradangan.

 Tubuh juga bereaksi terhadap kekeringan ini dengan memproduksi lebih banyak minyak. Hal ini justru dapat membuat rambut terasa berminyak dalam jangka pendek setelah keramas, sehingga menyebabkan siklus keramas tidak sehat serta rambut menjadi lebih cepat kotor

3. Rambut Menjadi Kusut dan Rapuh 

 Minyak alami yang dihasilkan kulit kepala melapisi helaian rambut sehingga tetap elastis dan lembut. Rambut yang terlalu sering keramas akan kehilangan elastisitasnya, menjadi kering, kusam, hingga mudah patah saat disisir. 

Rambut kering sulit dirawat dan cenderung terlihat tidak sehat. Akibat jangka panjangnya adalah rambut menipis, tampak halus serta rapuh.

4. Kekuatan Rambut Menurun 

 Rambut Sebagian besar terdiri dari protein bernama keratin, yang memberikan kekuatan pada rambut. Sering keramas menghilangkan protein-protein ini, membuat rambut lebih lemah dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Kategori :