KORMI Ajak Warga Lampung Jalan Kaki Peringati World Walking Day, Ini Dia Manfaatnya!

Selasa 24-09-2024,11:00 WIB
Reporter : coy f siregar
Editor : Hendarto Setiawan

BANDARLAMPUNG, RADARTVNEWS.COM – Komite Olahraga Masyarakat Indonesia atau KORMI Lampung mengajak warga di Provinsi Lampung merayakan World Walking Day tahun 2024.

Warga diajak melakukan aktivitas jalan kaki di Pusat Kebudayaan dan Olahraga (PKOR) Way Halim, pada Ahad 6 Oktober 2024. Selain jalan kaki, warga bisa melakukan aktivitas kebugaraan lainnya.  

Ketua Umum KORMI Lampung, Anshori Djausal menyebutkan, berdasarkan arahan pengurus KORMI Pusat, maka seluruh jajaran pengurus dan masyarakat akan melaksanakan aktivitas jalan sehat.

“World Walking Day dilaksanakan sebagai program tahunan KORMI di setiap awal bulan Oktober oleh masyarakat olahraga dunia di bawah naungan The Association For International Sport For All (TAFISA) secara serentak pada tanggal 6 oktober 2024 jam 10 pagi,” kata Anshori Djausal.

Bang Ans – sapaan akrab penggiat olahraga, budaya dan lingkungan hidup ini menyebutkan, dalam kegiatan WWD ini masyarakat boleh memilih kegiatan kebugaran fisik sesuai dengan keinginan. 

”Masyarakat harus melakukan registrasi, agar kegiatan kebugaran tersebut tercatat secara global,” tegas Bang Ans.

Setiap orang atau individu boleh ikut dengan aktivitas kebugaran yang disukai. Semisal, jalan kaki, jalan santai, jalan cepat, jogging, lari, dan olahraga lain.

”Bisa langsung registrasi secara offline atau online langsung ke http://tafisa.org/tafisa-world-walking-day supaya diketahui siapa saja yang ikut BERGERAK secara global. NO MAGER,” ujar pria yang akrab pula dengan topi pelukis itu.

Lebih lanjut, tokoh asal Lampung Utara ini mengatakan, pelaksanaan hari jalan kaki sedunia secara nasional ini bertujuan untuk menggiatkan masyarakat Indonesia khususnya Lampung dalam berolahraga, membangun kesehatan dan kebugaran dalam kegiatan sehari-hari.

“Kegiatan ini juga selaras dengan visi KORMI, Lampung Bugar 2035. Untuk itu, kegiatan kebugaran harus dibumikan ke masyarakat,” tandasnya.

8 Manfaat Jalan Kaki, Ayo Kita Jalan Kaki 

Jalan kaki bisa menjadi alternatif apabila kita tak sempat melakukan olahraga karena jadwal sehari-hari yang cukup padat. Berikut beberapa manfaat jalan kaki yang kami rangkum dari siloam hospital.com:

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat jalan kaki yang pertama yaitu menjaga berat badan ideal. Aktivitas fisik ini melibatkan gerakan tubuh secara keseluruhan sehingga dapat mengoptimalkan proses metabolisme dan pembakaran kalori dalam tubuh. Jalan kaki selama 30 menit setiap hari yang diimbangi dengan pola makan sehat dapat membantu menurunkan risiko obesitas.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Kategori :