Dakwah Ramah Lingkungan: Menyebarkan Pesan Islam Melalui Gerakan Peduli Alam

Sabtu 21-09-2024,21:19 WIB
Reporter : MG-15 Bagus Darmawan
Editor : Jefri Ardi

3. Kampanye Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Mengajak kepada masyarakat untuk menerapkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, seperti mengurangi penggunaan plastik, hemat energi, dan konsumsi yang bertanggung jawab. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

وَالَّذِيْنَ اِذَآ اَنْفَقُوْا لَمْ يُسْرِفُوْا وَلَمْ يَقْتُرُوْا وَكَانَ بَيْنَ ذٰلِكَ قَوَامًا

"Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian." (QS. Al-Furqan: 67)

Ayat ini mengajarkan tentang moderasi dalam konsumsi, yang sejalan dengan prinsip keberlanjutan lingkungan.

4. Pengembangan Ekonomi Hijau

Mendorong pengembangan usaha-usaha yang ramah lingkungan di kalangan umat Islam, seperti pertanian organik, ekowisata, atau produksi energi terbarukan. Ini sejalan dengan firman Allah dalam Al-Qur’an:

"Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi..." (QS. Al-Qasas: 77)

Ayat ini mengajarkan keseimbangan antara kepentingan dunia dan akhirat, termasuk dalam hal pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana.

5. Kolaborasi dengan Pemerintah dan Lembaga Lingkungan

Bekerja sama dengan pemerintah dan lembaga peduli lingkungan untuk memperluas jangkauan dakwah ramah lingkungan. Ini sesuai dengan prinsip ta'awun (kerja sama) dalam Islam:

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran." (QS. Al-Maidah: 2)

6. Pemanfaatan Media Sosial

Dengan menggunakan platform digital untuk menyebarkan pesan-pesan dakwah ramah lingkungan, berbagi tips praktis, dan mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam gerakan peduli alam.

Kategori :