Dakwah Ramah Lingkungan: Menyebarkan Pesan Islam Melalui Gerakan Peduli Alam

Sabtu 21-09-2024,21:19 WIB
Reporter : MG-15 Bagus Darmawan
Editor : Jefri Ardi

RADAR TV - Islam adalah agama yang mengajarkan keseimbangan dalam segala aspek kehidupan, termasuk dengan hubungan antara manusia dengan alam sekitarnya. Dakwah ramah lingkungan merupakan upaya menyebarkan ajaran Islam dengan mengintegrasikan kepedulian kita terhadap kelestarian alam. Pendekatan ini tidak hanya menjawab tantangan krisis lingkungan global, tetapi juga mengembalikan peran manusia sebagai khalifah di muka bumi.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an:

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ

"Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik." (QS. Al-A'raf: 56)

Ayat ini dengan jelas memerintahkan kepada umat Islam untuk senantiasa menjaga kelestarian alam dan tidak melakukan perusakan. Dakwah ramah lingkungan juga mengajak masyarakat untuk terus memahami dan mengamalkan pesan ini dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa cara mewujudkan dakwah ramah lingkungan:

1. Edukasi Berbasis Masjid

Masjid dapat menjadi pusat edukasi lingkungan bagi masyarakat. Khotbah Jumat, kajian rutin, dan program-program masjid dapat mengintegrasikan tema-tema pelestarian alam. Misalnya, mengajarkan hadits Nabi Muhammad SAW:

"Jika hari kiamat telah tegak, sementara di tangan salah seorang di antara kalian ada bibit pohon kurma, jika ia mampu menanamnya sebelum kiamat terjadi, maka hendaklah ia menanamnya." (HR. Ahmad)

Hadits ini menunjukkan kepada kita tentang betapa pentingnya menanam pohon bahkan di saat-saat terakhir kehidupan, hal ini menekankan nilai pelestarian lingkungan dalam Islam.

2. Aksi Nyata Peduli Lingkungan

Dengan mengorganisir kegiatan bersih-bersih lingkungan, penanaman pohon, atau daur ulang sampah. Yang mana kegiatan ini bisa melibatkan berbagai kelompok masyarakat, dari anak-anak hingga lansia. Sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Kebersihan adalah sebagian dari iman." (HR. Muslim)

Hadits ini dapat menjadi landasan untuk mengajak masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sebagai bagian dari ibadah.

Kategori :