Kalian Remaja Jompo? Simak Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Tulang Berikut Ini

Senin 27-05-2024,17:00 WIB
Reporter : MG05DCH
Editor : Admin

BACA JUGA:Mata Lelah Saat Bekerja di Depan Laptop, Ini Tips Agar Mata Tetap Sehat

5. Berhenti Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Untuk menjaga kesehatan tulang, berhenti merokok. Kandungan dalam tembakau bisa membuat tulang Anda rapuh. Anda juga harus menghindari  minuman beralkohol karena dapat meningkatkan resiko osteoporosis.

6. Menjaga Berat Badan Ideal 

Menjaga berat badan ideal sangat penting untuk menghindari berbagai risiko penyakit. Menjaga berat badan ideal juga menjadi salah satu cara  menjaga kesehatan tulang.

Penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan  atau obesitas dapat meningkatkan risiko kerusakan tulang. Oleh karena itu, disarankan untuk menjaga berat badan tetap ideal untuk melindungi tulang dari risiko cedera.

7. Mengontrol Kafein dan Garam 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kalsium merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Sebaliknya, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein atau garam, zat tersebut dapat mengganggu penyerapan kalsium tubuh  sehingga berdampak pada tulang Anda.

Jadi jika Anda menyukai kafein, sebaiknya mulai kendalikan asupan kafein Anda sekarang juga untuk menjaga kesehatan tulang.

8. Melakukan Terapi Fisik 

Jika Anda  ingin memperkuat tulang dan mencegah terjatuh, Anda dapat menemui ahli fisioterapi. Terapi fisik memiliki beberapa manfaat bagi tubuh khususnya otot, antara lain

meningkatkan keseimbangan tubuh, postur tubuh, kekuatan otot, dan koordinasi tubuh. Orang yang  mengalami cedera tulang seperti patah tulang disarankan untuk menggunakan metode terapi fisik untuk memulihkan kekuatan tulang.

BACA JUGA:7 Tips Menghindari Mata Lelah Saat Bekerja di Depan Laptop, Nomor 4 Sering Terlupakan

Anda bisa mencoba berbagai cara di atas untuk menjaga kesehatan tulang hingga mengurangi risiko osteoporosis. Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang disesuaikan dengan kondisi Anda. Itulah beberapa tips menjaga kesehatan tulang dan membangun tulang kuat agar mampu beraktivitas dengan maksimal.(*)

Kategori :