Terbawa Banjir, Ular Sanca Nyaris Masuk Rumah Warga di Tanjung Senang

Senin 26-02-2024,19:50 WIB
Reporter : Siti Saskia Salamah
Editor : Septa Ardinata

RADARTV - Warga Perumdam 2, Tanjung Raya Permai, Kelurahan Pematang Wangi, Kecamatan Tanjung Senang, Bandar Lampung digegerkan dengan kemunculan ular sanca. 

Untungnya warga berhasil menangkap ular sanca sepanjang 3 meter, pada Minggu malam 25 Februari 2024 sekira pukul 22.00 WIB.

Sebelumnya, hewan melata ini terlihat hendak memasuki rumah warga. Dengan sigap, warga langsung menangkap ular tersebut tanpa bantuan alat.

David Sugiantoro salah seorang warga mengatakan, ular sanca masuk ke pemukiman karena terbawa arus sungai di sekitar lokasi saat banjir.

"Karena pemukiman terendam banjir ular tersebut terbawa arus dari sungai. Sudah diamankan warga," kata David (26/2/24).

Sampai saat ini, para warga akan terus melakukan pemantauan untuk memburu ular lainnya yang diduga masih berkeliaran di wilayah tersebut.

Sebelumnya,  Ular Sanca dengan panjang 3 meter ditangkap oleh Warga Prumdam 2, Tanjung Raya Permai, Kelurahan Pematang Wangi, Kecamatan Tanjung Senang, Bandar Lampung. 

Ular sanca ditemukan warga saat melakukan ronda,  Senin 5 Februari 2024 sekira Pukul 00.00 Wib.

Warga sekitar sudah resah dengan keberaan ular sanca yang kerap muncul dikawasan perumahan. Saat itu melihat ular tersebut sedang melintas dipinggiran sungai warga lalu berinisiatif untuk  menangkap.

"Penangkapan dengan menggunakan kayu hingga karung. Usai ditangkap, ular sanca tersebut dimasukkan ke dalam karung dan akan dibawa untuk dievakuasi ketempat yang lebih aman," kata Roni.

Roni salah satu warga menjelaskan, ular tersebut sudah kerap muncul sejak satu bulan terkahir. Bahkan ular tersebut kerap memangsa hewan peliharaan dan ternak warga. 

Warga berhasil menagkap ular sanca mengunakan kayu dan karung.

Namun, warga masih memburu ular lainnya karena mereka melihat masih ada satu ular yang belum tertangkap.

"Ada dua ular yang terlihat tadi ditangkap baru satu jadi masih dicari yang satunya," imbuhnya.

Hal senada siampaikan Iqbal warga lainya, diirnya berwa warga kaget saat melakukan ronda ada ular yang melitas di dekat sungai.

Kategori :