Nanas Bakar Seharga Rp764 Ribu, Begini Cara Buat dan Kandungan Khasiatnya

Kamis 02-11-2023,17:33 WIB
Reporter : Hendarto Setiawan
Editor : Hendarto Setiawan

RADARTV – Tengah viral di media sosial menu nanas bakar. Harganya sangat fantastis mencapai ratusan ribu rupiah. Bahkan ada yang mencapai Rp764 ribu untuk satu buah nanas bakar. 

Lantas apa saja keistimewaan nanas bakar ini?

Buah dengan kulit kasar bersisik menyerupai duri ini memiliki nama latin Ananas comosus. Berasal dari negara Amerika Latin, banyak dijumpai di Brazil, Bolivia dan Paraguay. 

Buah dengan daun menyerupai pedang dengan duri diujungnya tumbuh baik di daerah tropis dan sub tropis. Penyebaran nanas dimulai tahun 1519, penjelajah berkebangsaan Portugis Ferdinand Magellan menemukan tanaman nanas di Brazilia. 

Di tahun 1555 tanaman nanas telah diekspor ke Inggris dan menyebar cepat ke India, kawasan Asia serta Hindia Barat. Tahun 1599 tanaman nanas dibawa masuk ke Indonesia tepatnya di pulau Jawa dan Sumatra oleh bangsa Spanyol dan Portugal. 

Kandungan Nutrisi Nanas 

Nanas mengandung banyak antioksidan dan nutrisi sangat sehat untuk metabolisme manusia. Perpaduan rasa manis dan asam, dengan kandungan air yang tinggi sangat cocok dikonsumsi mentah dalam berbagai jus, smoothies, dan salad.

Namun banyak cara lain menikmati nanas. Antara lain dengan membuatnya sebagai infus water atau menjadikan nanas panggang atau bakar. 

Ada banyak manfaat sehat dari nanas bakar dan merupakan satu-satunya buah makanan penutup memiliki manfaat sebagai pelangsing tubuh.

Berikut Cara Membuat Nanas Bakar

Bahan:

- Nanas utuh

- Beberapa kayu manis

- 6 sendok makan madu

- Setengah cangkir air putih

Kategori :