Heracleion: Kota Mesir Kuno yang Ditemukan di Dasar Laut

Heracleion: Kota Mesir Kuno yang Ditemukan di Dasar Laut

Potret reruntuhan Kota Heracleion-pinterest-

LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM - Bayangkan ketika sebuah kota megah yang pernah menjadi pusat perdagangan dan keagamaan Mesir Kuno, kini terbaring sunyi di dasar Laut Mediterania. Inilah Heracleion, atau yang dikenal oleh orang Mesir sebagai Thonis, sebuah kota legendaris yang hilang selama lebih dari 1.200 tahun sebelum akhirnya ditemukan kembali pada tahun 2000.

Penemuan yang Menggemparkan

Selama berabad-abad lamanya, Heracleion hanya dikenal melalui beberapa catatan sejarah kuno dan juga legenda. Namun, berkat kerja keras tim arkeolog dipimpin oleh Franck Goddio, kota yang hilang ini akhirnya berhasil ditemukan kembali di Teluk Abu Qir, sekitar 6,5 kilometer dari pantai Alexandria, Mesir. Penemuan ini mengungkap harta karun arkeologi yang sangat luar biasa, kota ini tersembunyi di kedalaman 150 kaki di bawah permukaan laut.

BACA JUGA:Kota Kapur: Menyingkap Tabir Pelabuhan Kuno di Selat Sunda

Kejayaan Masa Lalu

Heracleion, yang didirikan pada sekitar abad ke-8 SM, merupakan sebuah pelabuhan wajib bagi semua kapal yang akan memasuki Mesir melalui mulut Sungai Nil. Kota ini menjadi pusat perdagangan internasional yang sibuk dan menjadi tempat pemungutan pajak yang penting bagi Kerajaan Mesir Kuno. Nama Heracleion sendiri berasal dari kuil megah yang dipersembahkan untuk Herakles, pahlawan dalam mitologi Yunani.

Peninggalan yang Menakjubkan

Para arkeolog yang meneliti kota ini telah menemukan berbagai jenis artefak menakjubkan yang memberikan gambaran tentang bagaimana kemegahan dari kota ini, termasuk:

- Reruntuhan kuil Amun-Gereb

- Lebih dari 700 jangkar kuno

- 64 kapal kuno

- Patung-patung perunggu berukuran raksasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: