Hari Kesaktian Pancasila, Mengenang sejarah dan makna, Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024

Hari Kesaktian Pancasila, Mengenang sejarah dan makna, Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024

hari kesaktian pancasila 2024-instagram : @persija-

RADARTVNEWS.DISWAY.ID - 1 Oktober merupakan tanggal yang memperingati hari Kesaktian Pancasila. Dalam momen ini memberi kesempatan kita untuk merenungkan perjalanan sejarah Negara Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila tak lepas kaitannya dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada tahun 1965. Dalam peristiwa ini, Pancasila berperan penting sebagai dasar negara Indonesia dalam menyatukan bangsa dan menegakkan ideologi negara.

Peristiwa G30S/PKI merupakan suatu tragedi kelas dalam sejarah Indonesia. Karena pada malam 30 September sampai pagi 1 Oktober 1965, sekelompok orang melakukan kudeta yang mengakibatkan banyak nyawa melayang, termasuk para jendral dan tokoh penting negara.

Tragedi ini tidak hanyak membuat masyarakat porak-poranda, namun juga membuat trauma jangka Panjang bagi kehidupan politik, social, budaya bangsa Indonesia. Maka dari itu, kita perlu mengenang hari ini sebagai pengingat agar tragedi kelam ini tidak terulang Kembali.

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang diambil dari budaya dan nilai-nilai luhur bangsa, menjadi tameng bagi ideologi asing yang mencoba masuk. Pancasila, membuat kita belajar untuk saling menghormati, mengahargai perbedaan dan Bersatu dalam keberagaman bangsa Indonesia.

Dikutip dari pedoman Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024, berikut bunyi Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024.

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara hari ini menyadari ssepenuhnya:

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri tergadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran daln keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jakarta, 1 Oktober 2024

Atas Nama Bangsa Indonesia

Ketua DPR RI,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: