Penggunaan Teknologi Tepat Guna dalam Produksi “Jhamoe” di Lampung Tengah oleh Dosen STIPER Dharma Wacana

Penggunaan Teknologi Tepat Guna dalam Produksi “Jhamoe” di Lampung Tengah oleh Dosen STIPER Dharma Wacana

KIPRAH : Dosen STIPER Sharma Wacana Kota Metro dalam pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Pemula (PMP) Tahun 2024.-STIPER Dharma Wacana -

”Dengan adanya kegiatan ini diharapkan adanya perubahan dari teknologi konvensional dan manual menjadi produksi secara mekanis dengan menerapkan peralatan yang dapat bekerja dengan mekanis dan otomatis sehingga produksi akan meningkat serta dapat menghemat tenaga, waktu, dan biaya produksi,” tegas Ketua Pelaksana.  

Menurutnya, pendampingan dilakukan dalam pemasaran secara online guna memperluas jaringan dan promosi, yang diharapkan nantinya produk serbuk “Jhamoe” dapat dikonsumsi oleh seluruh kalangan masyarakat karena minat akan mengkonsumsi minuman yang herbal cukup tinggi dan usaha ini cukup menjanjikan untuk dikembangkan.

BACA JUGA:Daftar Lengkap DPRD Lampung Terpilih Periode 2024 - 2029, KPU Pastikan Lantik 2 September 2024

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis mesin penggiling/penghancur rempah, alat pengepres/penyaring ampas rempah, dan mesin kristalisasi kepada ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Mewangi. 

Penyerahan ini dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat yang disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir. Alat tersebut langsung diperlihatkan kepada anggota KWT, diikuti dengan demonstrasi mengenai cara pengoperasikan alat/mesin tersebut. Demonstasi ini dilakukan dengan tim pengabdian masyarakat bersama anggota KWT.

“Terimakasih kepada Kemendikbudristek yang telah mendanai Program Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) STIPER Dharma Wacana tahun 2023, semoga kolaborasi yang kami lakukan dengan Masyarakat dapat memberikan banyak manfaat.” ungkapnya

STIPER Dharma Wacana dalam kegiatan pengabdian mengikutsertakan dua dosen dan dua mahasiswa yang diketuai Dosen Prodi Agribisnis Ainul Mardliyah, M.Si dan anggota I Dosen Prodi Agroteknologi Fizzaria Khasbullah, M.Si, anggota II Dosen Prodi Agroteknologi Alima Maolidea Suri, M.Sc dibantu dengan dua mahasiswa Annisa Rahmawati dan Ratri Ajeng. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: