Kiluan Negeri Kelumbayan Tanggamus Masuk 50 Besar ADWI Nasional

Kiluan Negeri Kelumbayan Tanggamus Masuk 50 Besar ADWI Nasional

Kiluan masuk dalam 50 besar ADWI 2024 dengan kategori desa wisata berkembang-Biro Admin-

RADAR TV - Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung berhasil masuk sebagai 50 besar Nasional dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2024. 

ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang memenuhi kriteria penilaian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/ Baparekraf). 

Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia ( ADWI) 2024 diikuti 6.016 desa wisata di seluruh Indonesia, setelah melalui tahap penilaian dan seleksi yang cukup panjang, ADWI 2024 memasuki babak akhir. Dengan penilaian secara objektif oleh para dewan juri, ADWI 2024 telah masuk tahap 50 besar. 

Dari total 50 desa wisata tersebut terdiri dari empat klasifikasi, yakni Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, dan Desa Wisata Mandiri. Dimana Kiluan Negeri masuk dalam kategori Desa Wisata Berkembang. 

Adapun tema yang diusung dalam penilaian ADWI 2024 ini adalah "Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia" dengan fokus pada pengembangan desa wisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Selanjutnya untuk penilaian secara langsung di Pekon Kiluan Negeri telah dilakukan Selasa 30 Juli 2024, oleh Tim Juri yang kompeten dibidangnya. Adapun beberapa poin yang menjadi penilaian tim juri meliputi daya tarik, amenitas, digital, SDM dan kelembagaan, serta resiliensi. 

Selanjutnya pada Rabu 31 Juli 2024, akan dilakukan visitasi (kunjungan) ke Desa Wisata Kiluan Negeri oleh Menparekraf dengan mengundang Pj. Gubernur dan Forkopimda Provinsi Lampung, juga Pj. Bupati dan Forkopimda Kabupaten Tanggamus

Camat Kelumbayan Derius Putrawan mengatakan, Tentunya kami mengucapkan puji syukur atas pencapaian ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Parekraf yang telah mempercayai Pekon Kiluan Negeri untuk masuk kedalam 50 besar ADWI 2024.

”Alhamdulillah menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Indonesia,” kata dia. 

Juga ucapan terima kasih kepada Dinas Parekraf Provinsi Lampung, OPD Pemkab Tanggamus, serta semua pihak yang telah membantu dalam hal pembenahan maupun bantuan persiapan lomba, sehingga Pekon Kiluan Negeri mampu mengikuti ajang lomba ADWI 2024 ini. Harapannya dengan ADWI ini, maka akan meningkatkan pembangunan pariwisata  dan kesejahteraan masyarakat, khusunya yang berada di Pekon Kiluan Negeri dan Kabupaten Tanggamus pada umumnya.

Pj. Sekretaris Daerah Ir. Suaidi, mengatakan, “selamat datang kepada tim juri di Bumi Begawi Jejama Kabupaten Tanggamus,”ujar Suaidi.

Alhamdulillah pekon Kiluan Negeri Kecamatan Kelumbayan masuk 50 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata indonesia (ADWI) Tahun 2024. Semoga dengan keberhasilan ini bisa lebih memajukan desa wisata yang ada di kabupaten Tanggamus dan semakin banyak wisatawan yang berkunjung serta bisa di contoh oleh kecamatan lain yang ada di Tanggamus, Ujarnya".

Hadir juga, para kepala perangkat daerah, Camat Kelumbayan Derius Putrawan, Kepala Pekon Kiluan Negeri Malmun, tokoh adat, dan masyarakat, dan dari tim juri ADWI Tahun 2024 Madeleine Shopie Ketua Bidang Humas Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) Agus Wiyono Ketua Forum Ekowisata Jawa Timur.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: