Sepanjang 2024, Komnas PA Bandar Lampung Terima 52 Pengaduan Anak

Sepanjang 2024, Komnas PA Bandar Lampung Terima 52 Pengaduan Anak

Data laporan masyarakat kerkait anak di Komnas Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung--

RADAR TV - Komisi Nasional  Perlindungan Anak (Komnas Pa) Bandar Lampung menerima 52 pengaduan laporan masyarakat terkait anak sepanjang tahun 2024 (1 Januari sampai 23 Juli 2024)

Hingga saat ini kategori kasus yang tertinggi adalah dari Aspek Pendidikan yaitu sebanyak  (25 kasus terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) , 1 kasus terkait ijazah di tahan dan dikeluarkan dari sekolah tingkat TK).  Selanjutnya, sengketa anak 10 kasus, pencabulan 6 kasus, kenakalan remaja 4 kasus, bullying 3 kasus, kekerasan fisik terhadap anak 1 kasus dan anak berkonflik dengan Hukum 1 kasus. Hal ini disampaikan oleh Ahmad Apriliandi Passa kepada Radar Lampung pada hari Selasa pagi, 23 Juli 2024.

Di lihat dari tahun ke tahun laporan dan penanganan kasus yang kami terima meningkat setiap tahunnya di mulai pada 2020 26 pelaporan, 2021 34 pelaporan, 2022 48 pelaporan, 2023 50 pelaporan dan 2024 52 pelaporan kasus. Sehingga, total kasus yang kami terima dan lakukan penanganan sejak 1 Januari 2020 - 23 Juli 2024 sebanyak 210 kasus.

Berangkat dari data yang kami catat, sambung Apriliandi,  mengingat tingginya laporan dari aspek pendidikan sebanyak 27 kasus. Sehingga,  dibutuhkan perhatian khusus untuk dapat menjadi perhatian serius dari berbagai stake holder.

Apriliandi juga menginformasikan bahwa berbagai upaya untuk dapat dilakukan penanganan mengingat aspek pendidikan merupakan salah satu hak anak terpenting untuk kemajuan bangsa dan negara ini, disamping kategori kasus anak lainnya. Seperti, Sengketa anak, pencabulan, kenakalan remaja, bullying, kekerasan fisik dan anak berkonflik hukum (ABH), "Kita sebagai guru di sekolah maupun orang tua dirumah jangan sampai lengah untuk dapat menjadi perhatian serius agar angkanya tidak meningkat dan dapat di tekan dari waktu ke waktu,"tambah Apriliandi.

Apriliandi juga menginformasikan bahwa pada peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2024, Komnas PA Kota Bandar Lampung akan memperingati dengan cara yang berbeda dari tahun sebelumnya yakni dengan melakukan beberapa kegiatan , antara lain ;

Pertama, Penguatan kerjasama antar lembaga, seperti, melakukan silaturahmi dalam rangka sinergi penguatan antar lembaga ke Ombudsman Provinsi Lampung, Lalu, Bapas Kelas II A Bandar Lampung, Dinas PPPA, Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial Kota Bandar Lampung serta instansi terkait lainnya. 

Kedua, melakukan kunjungan ke anak yang sedang di bina di Bapas Kelas 2 A Bandar Lampung, serta  Kunjungan ke Sekolah Ramah Anak (SRA) binaan Komnas PA Bandar Lampung,  kunjungan ke LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) dan menyambangi anak-anak di pemukiman padat.

Ketiga, Ikut serta pada Perayaan Hari Anak Nasional Tingkat Kota Bandar Lampung (27 Juli 2024) di Taman UMKM dan Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Lampung di Mahan Agung (31 Juli 2024). (Gie/ asah kemampuan daya jelajah selam Anda di Wisata Pantai lampung yang dikenal dengan wisata bawah laut Lampung.(Gie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: