Hari Raya Idul Adha 1445 H : Qurban Berbagi Untuk Umat Muslim dan Umat Agama Lain

Hari Raya Idul Adha 1445 H : Qurban Berbagi Untuk Umat Muslim dan Umat Agama Lain

QURBAN : Prosesi qurban di Masjid Thoriqul Khoir. -Tim Masjid -

RADARTV - Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah menjadi momentum untuk berbagi kebahagian. Tidak hanya untuk umat muslim, tapi juga umat beragama yang lain turut merasakan.

seperti yang dilakukan Masjid Thoriqul Khoir/ Bandar Lampung. Qurban tahun 2024 ini menyembelih lima ekor sapi dan enam ekor kambing.

Sedari Selasa 18 Juni 2024 pagi, panitia qurban masjid yang berlokasi strategis di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Gedong Air, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, sudah siaga di venue penyembelihan hewan qurban.

Lokasinya di halaman parkir masjid. Setelah melalui breafing teknis penyembelihan, berdoa dan pembagian tugas. Barulah dimulaih proses penyembelihan hewan qurban.

Tahun ini, ada lima ekor sapi yang disembelih. Berasal dari jemaah perorangan ataupun kelompok patungan satu sapi digotong tujuh orang. Untuk kambing, semuanya dari unsur perseorangan. 

Proses penyembelihan, pemotongan daging/ tulang/ dan seluruh bagian sapi hingga pembagian kepada mereka yang berhak berjalan lancar.

Menunjukan sebuah kerja gotong royong berbagi tugas dari sebuah sistem kepanitian yang sudah berjalan selama ini.

Seluruh daging terkumpul di bagikan kepada warga dari enam RT di sekitar masjid yang tak jauh dari Kantor Polsek dan Kantor Kecamatan Tanjung Karang Barat. 

Juga dibagian kepada jemaah dan menariknya umat agama lain yang berada di sekitar masjid turut merasakan daging qurban.

”Alhamdulillah tahun ini kami menyembelih 5 ekor sapid an 6 ekor kambing,” kata Ulin Sutarno, Ketua Panitia Qurban Masjid Thoriqul Khoir.

Ulin menegaskan momentum qurban ini tak hanya untuk meningkatkan kepedulian terhada semua umat Muslim. Namun menjadi semangat berbagi kepada umat beragama lain yang tinggal di sekitar masjid.

”Semoga ibadah qurban mampu meningkatkan kepedulian terhadap semua umat Islam dan umat beragama yang lain. Utamanya mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan,” jelas Ulin. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: