Pemerintah Arab Saudi Tetapkan 10 Zulhijah 1445 H Jatuh Pada 16 Juni 2024, Kapan Idul Adha di Indonesia?

Pemerintah Arab Saudi Tetapkan 10 Zulhijah 1445 H Jatuh Pada 16 Juni 2024, Kapan Idul Adha di Indonesia?

IDUL ADHA 1445 : Proses penyembelihan hewan qurban jemaah Masjid Thoriqul Khoir saat Idul Adha 1445 H.-Hendarto Setiawan-

Agenda sidang isbat akan dibuka dengan seminar posisi hilal dan ditutup dengan konferensi pers penetapan 1 Zulhijah 1445 H. 

Berikut ini jadwal selengkapnya:

Seminar Posisi Hilal (Pukul 16.00 WIB)

Terbuka untuk umum dan dapat disaksikan melalui live streaming di kanal YouTube Kemenag Bimas Islam TV

Sidang Isbat (Pukul 18.15 WIB)

Digelar secara tertutup

Konferensi Pers (Pukul 19.05 WIB)

Dapat disaksikan melalui live streaming di kanal YouTube Kemenag RI

Adib, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag RI menyebutkan, saat sidang isbat nanti digelar, posisi hilal telah memenuhi kriteria imkanur rukyat MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) dengan standar minimal tinggi hilal 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Berdasarkan hal itu, posisi hilal sudah berada di atas kriteria imkanur rukyat. Artinya, secara astronomis, pada 7 Juni 2024, hilal diperkirakan dapat terlihat di beberapa wilayah di Indonesia.

Hasil hisab nantinya akan dikonfirmasi kembali melalui pemantauan hilal hari ini. Pemantauan hilal ini akan dilakukan di sebanyak 114 titik di seluruh Indonesia yang hasilnya akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat awal Zulhijah 1445.

Di Provinsi Lampung, sudah ditetapkan sejumlah titik pemantauan hilal. Mulai dari Lampung Selatan, dan Pesisir Barat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: