KOLOM : Perubahan Lingkungan Mempengaruhi Teori Evolusi

KOLOM : Perubahan Lingkungan Mempengaruhi Teori Evolusi

ilustrasi teori evolusi-Foto : kemendikbud.go.id-

Oleh : Putri Amelia- Mahasiswa Prodi Biologi Fakultas Sains Itera

------

Proses Evolusi Tidak Hanya Terbatas pada Masa Lampau Tetapi Terus Terjadi Sebagai Respons Terhadap Perubahan Lingkungan, Tekanan Seleksi, dan Dinamika Populasi

------

Evolusi merupakan proses perubahan genetik yang terjadi pada populasi makhluk hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya, yang dapat menghasilkan variasi dalam ciri-ciri organisme dari waktu ke waktu. 

Evolusi tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik saja, meskipun genetik memainkan peran utama dalam proses ini.

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap evolusi yaitu, Mutasi genetik, seleksi alam, penyimpangan genetik, migrasi atau aliran gen, dan pengaruh lingkungan.

Lalu pertanyaannya, Siapa saja yang mencetuskan teori evolusi

****

Adalah Charles Darwin, Alfred Russel Wallace, Jean- Baptiste Lamarck, Gregor Mendel, Thomas Huxley, Ronald Fisher, J.B.S. Haldane, dan Sewall Wright. 

Charles Darwin pada buku The Origin of Species ini memperkenalkan teori evolusi melalui mekanisme seleksi alam dan mengubah cara ilmuwan dan masyarakat umum memandang perkembangan kehidupan di bumi. 

Charles Darwin menyatakan terjadinya penurunan dengan modifikasi menjelaskan kesatuan dan keanekaragaman makhluk hidup, dan seleksi alam merupakan satu-satunya mekanisme yang secara konsisten menyebabkan evolusi secara adaptif. 

Evolusi adaptif terjadi ketika kecocokan antara organisme dan lingkungannya meningkat.

Menurut Charles Darwin, sejarah kehidupan bagaikan sebuah pohon dengan banyak cabang yang mencerminkan keanekaragaman kehidupan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: