RSUDAM Gelar Operasi Bedah Jantung Terbuka, Ini Kata Gubernur Lampung

RSUDAM Gelar Operasi Bedah Jantung Terbuka, Ini Kata Gubernur Lampung

Pelaksanaan operasi bedah jantung terbuka atau Coronary Artery Bypass Graft (CABG) di RSUD Abdul Moeloek, Sabtu, 1 Juni 2024 melalui layar monitor-Foto : Jeni Pratika Surya-

“Laporan terakhir pasien yang kemarin, sudah bangun dan stabil. Jika sudah stabil semua, hari ketiga atau ke lima pasien sudah bisa pulang, “ Ujar Abah sapaan Akrab dr. Lukman Pura.

Dirinya mengatakan jika Kementerian Kesehatan melalui Rumah Sakit Harapan Kita memberikan apresiasi kepada RSUD Abdul Moeloek dengan pelaksanaan operasi bedah jantung terbuka atau Coronary Artery Bypass Graft (CABG) di RS Abdul Moeloek.

“Kementerian Kesehatan juga menugaskan khusus untuk dua provinsi di Indonesia untuk pengamanan pelayanan jantung yaitu Lampung dan Papua. Tapi Papua diserahkan ke Sutomo, jadi  yang mendapat perhatian khusus dari RS Harapan Kita adalah Lampung dalam hal ini RSUD Abdul Moeloek,” Jelas Abah.

Ia menambahkan, RSUD Abdul Moeloek kedepan ingin melakukan operasi bedah jantung secara mandiri, maka harus ada beberapa persyaratan yang dipenuhi.

“Jadi kalau mau melakukan operasiu bedah jantung secara mandiri ada beberapa persyaratan. Pertama rumah sakit di kabupaten/kota yang sudah diminta pengampu dijadikan kelas B . Kedua, RSUD Abdul Moeloek sudah masuk kelas utama nanti paripurna dan setelah 100 kali tindakan CABG, mereka akan berkenan menganggap RSUDAM mandiri dan operasi bedah jantung terbuka bisa dilakukan secara sendiri, “ pungkas Abah Lukman.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: