Basarnas Patroli Laut, Wah Ternyata Begini Kondisi Pantai di Pulau Pasca Libur Lebaran

Basarnas Patroli Laut, Wah Ternyata Begini Kondisi Pantai di Pulau Pasca Libur Lebaran

Badan SAR Nasional (Basarnas) Lampung menggelar patroli di seputar teluk Lampung, Kamis (18/4/2024). -Pancanov-

RADAR TV – Badan SAR Nasional (Basarnas) Lampung menggelar patroli di seputar teluk Lampung, Kamis (18/4/2024). 

Menggunakan Kapal KN SAR 224-Basudewa milik Basarnas,  Patroli Basarnas dimulai dari Pelabuhan Panjang. 

Patroli juga menyasar seputar pantai di pulau yang menjadi tempat wisata seperti Pulau Tangkil, Pulau Tegal Mas, Pulau Condong dan Pulau Pahawang. 

Kepala Basarnas Lampung Deden Ridwansyah menjelaskan patroli tersebut dalam rangka pemantauan penutupan arus balik.  

"Ya seperti yang kita lihat suasana di Pelabuhan Panjang sudah sepi. Termasuk dari pantauan di tempat-tempat wisata juga sudah aktivitas sudah mulai sepi karena berakhirnya cuti bersama Lebaran," kata Deden Ridwansyah kepada wartawan di atas Kapal KN SAR 224-Basudewa. 

Ia mengatakan dari pantauan tersebut kondisi arus di teluk Lampung cukup tenang. Selama arus mudik dan balik, pihaknya memang menyiagakan kapal KN SAR 224-Basudewa untuk memberikan pertolongan pertama bila terjadi pencarian dan pertolongan. 

"Untuk di tol kita juga kerja sama dengan pihak HK Aston untuk membuka posko apabila ada pertolongan kecelakaan di tol kita sudah siap," kata dia. 

Selama arus mudik dan balik serta libur cuti bersama lebaran, pihaknya melakukan dua kali melakukan pertolongan dan pencarian.  

"Jadi sejak H-7 kami sudah dua kali penanganan kecelakaan di laut tepatnya di Kotaagung Tanggamus," kata Deden. 

Meski lebaran sudah selesai, pihaknya tetap menyiagakan personil terutama di tempat wisata yang rawan seperti di Pesisir Barat. 

"Untuk di Pesisir Barat kami memiliki pos SAR di sana. Karena memang di sana sering terjadi kecelakaan laut," beber Deden.

Dalam kesempatan ini Deden juga sempat curhat dan mengakui saat ini Basarnas masih kekurangan untuk jumlah personel SAR, idealnya kata dia seharusnya Lampung memiliki 300 personil, namun saat ini jumlahnya baru 111 personil. 

Namun pihaknya saat ini tetap memaksimalkan potensi SAR atau sukarelawan yang sudah dilatih. 

“Kita berharap mudah-mudahan informasi dari pusat, Lampung mendapatkan kuota 20 formasi untuk CPNS dan PPPK Basarnas,” pungkas Deden. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: