Firsada Cermin Pemimpin Multikultur, Mampu Rangkul Elemen Masyarakat Tubaba Lampung

Firsada Cermin Pemimpin Multikultur, Mampu Rangkul Elemen Masyarakat Tubaba Lampung

SIDAK : Pj. Bupati Tubaba saat sidak hari pertama masuk kerja pasca Lebaran 2024.-Yusuf Safei-

RADARTV – M. Firsada merupakan sosok cerminan pemimpin multikultur. Dinilai mampu merangkul semua elemen masyarakat di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung.

Keputusan DPRD Tubaba hanya mengusulkan calon tunggal penjaba (Pj) Bupati setempat, mendapat apresiasi dari akademisi Universitas Lampung Darmawan Purba. 

Darmawan mengatakan Firsada adalah sosok pemimpin yang memiliki komunikasi yang baik dan akomodatif. "Firsada adalah cerminan pemimpin multikultur yang  terbukti mampu merangkul semua elemen masyarakat Tubaba," kata Darmawan dalam rilis diterima radar lampung media group, Rabu 17 April 2024.

Konsekuensi pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak, maka jabatan kepala daerah diisi oleh Pj. Kepala Daerah. Terdapat 9 daerah yang dipimpin oleh Pj. Kepala Daerah, termasuk Tubaba.

Di tengah singkatnya masa jabatan, Pj. Kepala Daerah dituntut untuk mampu menjalankan tugas-tugas pemerintahan secara optimal. 

Secara substansi kehadiran seorang pemimpin sangat dibutuhkan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Kondisi masyarakat yang sangat kompleks hanya dapat dikelola oleh pemimpin yang kuat, memegang prinsip serta dapat mencerminkan representasi kelompok-kelompok di masyarakat yang sangat beragam.

Tubaba merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki keragaman yang terjaga dengan baik. Ditengah keberagaman tersebut percakapan mengenai kepemimpinan multikultural kerap disandingkan dalam praktik kepemimpinan pemerintahan, dimana kepemimpinan yang dimaksud disandarkan pada kapasitas dan kualitas. 

Dosen FISIP Unila ini mengatakan pemimpin bukan dinilai dari latar belakangnya. Namun lebih dilihat pada aspek kinerja, kontribusi serata kebermanfaatannya dalam pembangunan bagi masyarakat.

Setidaknya terdapat 3 nilai etik mencerminkan kemampuan pemimpin multikultur yakni adanya penerimaan, nalar komunikatif, serta keadilan dan solidaritas.

Dalam praktiknya, sejauh ini Firsada dinilai berhasil merangkul semua elemen masyarakat dan organisasi agama serta kemasyarakatan (ormas).

Firsada dinilai intens menghadiri kegiatan-kegiatan di masyarakat. Salah satu momentum kedekatan Firsada saat menghadir Konferensi Cabang (Konfercab) IV PCNU Tubaba. 

Kedekatan Firsada dengan masyarakat dinilai sebagai keuntungan tersendiri untuk masyarakat Tubaba. Karena warga bisa langsung mengadu ke pimpinannya.

Adanya penerimaan dari masyarakat terhadap pemimpin. Juga sebaliknya pemimpin dengan masyarakat serta antar sesama masyarakat.

Di sisi lain, Kepala Kesbangpol Lampung ini dinilai mampu membangunan komunikasi baik dengan semua golongan. Bahkan, dekat dengan masyarakat dan aparatur di bawah dengan tetap mengedepan adat dan budaya di Tubaba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: