Perkumpulan Muli – Mekhanai Kerbang Tinggi Gelar Seni Pincak Silat 3 Syawal 1455 H

Perkumpulan Muli – Mekhanai Kerbang Tinggi Gelar Seni Pincak Silat 3 Syawal 1455 H

--

RADARTV - Halal bi halal dilaksanakan Perkumpulan Muli – Mekhanai Kerbang Tinggi (PM2KT) pada 3 Syawal 1445 H atau Jumat 12 April 2024.

PM2KT mengelar atraksi pertunjukan Pentas Seni Pincak Silat di Lamban PM2KT Kerbang Tinggi, Pekon Bangun Negara, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Ketua Panitia Asef Setiawan menyampaikan ucapan terima kasih atas semua dukungan dari pemerintah Pekon, masyarakat dan teman Muli - Mekhanai baik materi, tenaga dan pemikiran.

”Sehingga acara pentas seni Pincak Silat halal bil halal untuk melestarikan adat ini bisa berlangsung meriah dan sukses sesuai apa yang diharapkan,” kata Asef Setiawan.

Pentas seni Pincak Silat Halal Bil Halal Adat Lampung ini agenda rutin dilaksanakan setiap tahun pada 3 Syawal  oleh PM2KT, mengusung Tema “Pemuda Penjaga Tradisi”

Pertunjukan Pentas seni 2024 ini agak sedikit berbeda dengan tahun Lalu dikarenakan pertunjukannya lebih banyak sehingga membuat antusias para penonton untuk menyaksikan setiap tahap demi tahap atraksi yang ditampilkan.

”Beberapa atraksi yang ditampilkan yakni pertunjukan pedang I, pertunjukan pedang II, pertunjukan lading I , pertunjukan lading II dan Hadera,” kata Asep.

Tak hanya atraksi pertunjukan tahun ini juga didukung oleh Penampilan dari Sanggar Seni “Hamakha Bana” di bawah Asuhan ibu Yusni Marti, Seperti Tari Muli Ngantak Pengrasan.

Di tempat yang sama Ahmad Kahpi selaku Peratin Bangun Negara diwakili oleh Insan Sukri Juru Tulis Bangun Negara dalam sambutannya sangat mendukung kegiatan pemuda semacam ini.

”Karena kita sebagai generasi berkewajiban melestarikan adat semacam ini, jangan kita melupakan adat Budaya ini adalah sejarah kearifan lokal sebagai orang Lampung kita harus bangga,” kata Insan Sukri.

BACA JUGA: Naik Pesawat Susi Air Ke Krui, Nikmati Wisata Pantai Terbaik Kelas Internasional di Lampung

Apalagi ini juga dapat menghasilkan Materi/Uang Pemasukan ( disewa ) apabila ada kegiatan Pernikahan Prasmanan atau kegiatan Formal lainnya ditambah lagi mudah-mudahan ini bisa mengangkat harkat dan Martabat Pekon.

Masih kata Insan jangan sampai kegiatan semacam ini terkikis oleh kemajuan zaman pemuda harus ambil bagian dalam Pelestarian adat oleh sebab itu selaku pemerintah pekon memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini.


MERAWAT TRADISI : PM2KT menggelar Pentas Seni Pincak Silat 3 Syawal 1445 H.-pm2kt-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: