Ratu Pilih Mundur Lolos Anggota DPR RI dari NTT, Ini Alasannya

Ratu Pilih Mundur Lolos Anggota DPR RI dari NTT, Ini Alasannya

Ratu Ngadu Bonu Wulla -Foto : Tangkapan layar-

RADAR TV – Fakta menghebohkan muncul dari calon legislatif (caleg) DPR RI dari Partai NasDem nomor urut 5, Ratu Ngadu Bonu Wulla.

Pasalnya Ratu dikabarkan memutuskan mundur dari pencalonan meski lolos dari daerah pemilihan (dapil) Nusa Tenggara Timur (NTT) II dengan perolehan suara 76.331 pada Pemilu 2024.

Padahal suara Ratu mengalahkan mantan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat yang menjadi caleg NasDem dengan nomor urut 1 di dapil NTT II . Dimana Viktor hanya memperoleh 65.359 suara.

Baharudin Hamzah selaku Komisioner KPU NTT membenarkan Ratu telah mengirimkan surat pengunduran diri sebagai caleg DPR RI ke KPU. Menurutnya, surat diserahkan saat rapat pleno KPU.

“Iya tadi saat pleno di KPU Pusat, Partai Nasdem menyerahkan surat pengunduran diri yang bersangkutan," kata Baharudin, (12/3/2024) sore.

Baharudin menyebut karena Ratu adalah caleg DPR RI sehingga surat pengunduran diri diserahkan kepada pihak KPU.

"Kalau caleg DPR RI penetapan itu ada di KPU RI, dan kewenangan itu ada di KPU (Pusat) bukan di KPU Provinsi, dan itu pas di rekap nasional pas di NTT jadi disampaikan," ujarnya.

Sejumlah warga NTT menyesalkan mundurnya Ratu yang telah terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029.

Diketahui Dapil NTT II, Ratu menempati urutan ketiga perolehan suara terbanyak. Urutan satu diperoleh Anita Jacoba Gah dari Partai Demokrat dengan 131.396 suara.

Kemudian posisi kedua adalah Melkiades Laka Lena dari Partai Golkar yang memperoleh 95.138 suara.

Terdapat tujuh kursi DPR yang diperebutkan dari Dapil NTT II, yang meliputi Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Malaka, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Rote Ndao dan Sabu Raijua.

Sementara Ratu Wulla juga masih tercatat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Fraksi NasDem yang saat ini duduk di komisi IX. 

Mundurnya Ratu ini berpotensi membuat Viktor Laiskodat melenggang ke Senayan. Viktor selaku caleg nomor urut 1 menempati urutan kedua perolehan suara terbanyak dari NasDem di Dapil NTT II.

Menanggapi mundurnya Ratu dari Caleg DPR RI setelah meraih satu kursi untukmya, sekjen DPP Partai Nasdem Hermawi Taslim memastikan partainya tak pernah memaksa Ratu Ngadu Bonu Wulla, caleg Partai Nasdem di daerah pemilihan (Dapil) NTT II, untuk mundur dari pencalonan anggota DPR RI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: