Google Doodle Rayakan Tahun Kabisat, Apa Fakta Unik Dibalik Tahun Kabisat

Google Doodle Rayakan Tahun Kabisat, Apa Fakta Unik Dibalik Tahun Kabisat

Tampilan layar google-Foto : Tangkapan Layar Google-

RADAR TV - Penambahan satu hari pada bulan Februari kembali terjadi tahun ini. Padahal umumnya bulan Februari hanya sampai tanggal 28, namun pada tahun ini bertambah sehari hingga tanggal 29. 

Google secara spesial hari ini, Kamis (29/2/2024), membuat tampilan yang berbeda dari biasanya. Ternyata Google ikut merayakan Hari Kabisat 2024 lewat Google Doodle nya.

Saat membuka laman Google, secara khusus Google menampilkan gambar katak loncat bertuliskan 29. Karena tepat hari ini (tanggal 29 Februari), hanya akan terulang lagi 4 tahun kedepan.

Penambahan ini dikenal dengan Tahun kabisat yang menyapa pada 2024 ini atau Leap Day. Lalu, fakta apa yang menarik dari Tahun kabisat ini secara logis?

Fakta pertama, peristiwa ini tidak selalu terjadi. Rotasi tahun kabisat hanya terjadi dalam putaran waktu empat tahun sekali. 

Dikutip dari Antara, Ketua Himpunan Astronomi Jakarta, Muhammad Rayhan, menyatakan tahun kabisat ini didasarkan sistem penanggalan masehi yang bersumber dari pergerakan matahari.

"Menurut pergerakan matahari dalam waktu setahun itu 365+6 jam. Jadi tahun kabisat itu adalah hasil akumulasi dari 6 jam itu. Jika 6 jam itu terjadi selama 4 tahun, maka akan menghasilkan 24 jam atau satu hari," jelasnya.

Kedua, tidak semua tahun yang bisa dibagi dengan 100 adalah tahun kabisat, kecuali tahun tersebut bisa dibagi dengan 400. Tahun 2000 adalah tahun kabisat tetapi tahun 1900 bukan tahun kabisat.

Ketiga, bayi yang lahir pada 29 Februari 1884 tidak merayakan ulang tahun pada hari semestinya hingga dia berusia 12 tahun.

Keempat, Tradisi wanita melamar pria pada 29 Februari jika ditarik mundur sudah terjadi sejak abad kelima di Irlandia.

Kelima, Honor Society of Leap Year Day Babies' selalu mengundang mereka yang lahir pada tanggal 29 Februari.

Fakta keenam, Guinness Book of Records memiliki catatan pemegang rekor keluarga yang tiga turunannya lahir pada tanggal 29 Februari. Begitu juga rekor jumlah anak dalam satu keluarga yang lahir 29 Februari.

Ketujuh, Kesempatan untuk lahir pada 29 Februari adalah 1 banding 1.461.

Kedelapan, mereka yang lahir pada tanggal 29 Februari disebut 'leapling' atau 'leaper'. Peluang seseorang lahir pada 29 Februari adalah 1 banding 1.461. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: