Ketua KPU Lamteng Diduga Restui Kecurangan Sesama Caleg PKB DPRD Lampung

Ketua KPU Lamteng Diduga Restui Kecurangan Sesama Caleg PKB DPRD Lampung

VIRAL : Munir Abdul Haris.-freepix-

RADARTV – Dua buah video terkait dugaan kecurangan pergeseran hasil pencoblosan suara pemilihan umum (Pemilu) 2024 viral di media sosial.

Video diunggah oleh Munir Abdul Haris. Dia adalah caleg DPRD Provinsi Lampung dapil Lampung Tengah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) nomor urut 4. 

Rekaman video yang viral terjadi di tempat pemungutan suara (TPS) 19 Desa Sendang Asih. Munir mendamprat oknum Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang diduga sengaja melakukan kecurangan.

Di lembar C1 plano, Munir mendapatkan 39 suara. Namun oleh petugas, ditulis di lembar C1 hasil ditulis 0 (nol). Suara Munir dialihkan oleh sang oknum untuk nomor urut 3 caleg dari parpol sama. 

Menariknya, kecurangan juga masih menimpa dirinya di TPS 4 Desa Sendang Mulyo. Munir dapat 73 suara, namun oleh petugas ditulis 0 (nol).

”Saya ingin bantah apa yang dikatakan  Ketua KPU Lampung Tengah Irawan Indra Jaya. Itu (kecurangan) bukan persoalan salah pemahaman Sirekap, tapi yang terjadi adalah pergeseran suara,” kata Munir dikun tik tok DPP PWDPI.

Pergeseran atau pencurian suara ini merupakan kejahatan pemilu yang TSM (terstuktur, sistamatis dan massif. 

Pria berblangkon hijau ini juga membeber contoh lain yakni, kejadian di salah satu TPS di Desa Sri Purnomo. Di C1 plano tertulis 19, namun ditulis di C1 rekap hanya 9. Dirinya protes karena kehilangan 10 suara.

Piun begitu dengan hasil di TPS 4 Sukosasri, Kecamatan Kalirejo, Munir mendapatkan 14 namun ditulis hanya 4. 

”Jadi kalau Ketua KPU Lampung Irawan Indrajaya minta pleno PPK (panitia pemilihan kecamatan) hanya gunakan C1 rekap. Maka ada indikasi kecurangan TSM, yang dipimpin oleh Ketua KPU Lamteng,” tegas Munir. 

Pihaknya meminta Ketua KPU  bijakasana dalam mengatasi persoalan ini. Bukan sebaliknya malah diduga kuat mendesain sebuah kecurangan yang TSM. Dengan begitu dia menduga banyak kejanggalan dan celah bermain kecurangan bagi wasit karena di Lamteng ada 4 ribu lebih TPS.

”Kepada seluruh stakeholder dan seluruh peserta pemilu, ayo kawal dan desak pleno PPK harus buka C.1 plano, bukan Cuma mengandalkan C1 rekap,” tandasnya. 

Jikalau KPU Lamteng mengindahkan desakan ini. Maka pihaknya siap mengajak seluruh elemen pemuda untuk geruduk KPU.  

“KPUD Lamteng harus bersikap tegas. Jangan membiarkan dan membuka celah kecurangan,” ungkapnya lagi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: