Tak Tenang Di Masa Tenang Pemilu 2024 : Banyak Pemilih Belum Terima Surat Undangan dan TPS Pindah Jauh

Tak Tenang Di Masa Tenang Pemilu 2024 : Banyak Pemilih Belum Terima Surat Undangan dan TPS Pindah Jauh

--

RADARTV – Siapa di antara pembaca radartv.disway.id yang belum menerima surat undangan pemilihan umum (Pemilu) 2024? Atau telah menerima surat undangan namun lokasi tempat pemungutan suara (TPS) berbeda dari pemilu 2019. 

Masalah klasik ini kembali ditemui calon pemilih di Kota Bandar Lampung. Banyak warga yang hingga H – 2 jelang pencoblosan belum menerima surat undangan. 

Padahal Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut surat pemberitahuan pemilih tetap akan dikirim secara fisik kepada setiap warga yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024.

Idham Holik, anggota KPU RI menyatakan surat pemberitahuan akan dikirim Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) paling lambat tiga hari sebelum haru pencoblosan pada 14 Februari 2024.

"Surat pemberitahuan atau formulir Model C Pemberitahuan akan dikirimkan KPPS," kata Idham.

Dipastikanya, paling lambat tiga hari sebelum hari pemungutan suara dengan cara mendatangi rumah atau alamat tempat tinggal pemilih dan diserahkan secara langsung. 

Nah jika hitunganya, H – 3 seluruh surat undangan sudah sampai kepada calon pemilih. Maka jika hari ini Senin 12 Februari 2024 atau H-2, surat undangan belum sampai. Berarti ada sesuatu yang tidak beres. 

Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos memastikan ketentuan itu telah dituangkan dalam petunjuk teknis (juknis) yang dikeluarkan KPU bagi panduan KPPS.

BACA JUGA:Ramai – ramai Nodai Masa Tenang Pemilu 2024 di Kota Bandar Lampung

"Dalam Juknis KPU surat pemberitahuan pemilih tetap disampaikan kepada pemilih terdaftar dalam DPT," kata Betty.

Pemilih Belum Terima Surat Undangan 

Dari Bandar Lampung, sejumlah calon pemilih belum menerima surat undangan. Mereka hanya bisa pasrah lantaran biasanya dalam pemilu tahun 2019 atau pilkada, warga selalu mendapatkan undangan pencbolosan tepat waktu. 

”Sampai hari ini, saya dan keluarga besar belum mendapatkan surat undangan. Di keluarga saya total ada 7 orang yang punya hak pilih. Kek mana ini ceritanya,” kata Bowi, warga Jalan Soekarno Hatta, Kedamaian, Bandar Lampung.   

Senada disampaikan oleh Dwi Cahyo. Pemilih milenial asal Kelurahan Pematang Wangi, Kecamatan Tanjung Seneng menyatakan dirinya belum mendapatkan surat suara. ”Belum dapat ini. Seandainya belum terima, yah pasrah lah,” kata lajang bersuai 19 tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: