Mangkrak, Warga Restu Rahayu Harap Jembatan Penghubung Lamtim-Lamteng Kembali Difungsikan

Mangkrak, Warga Restu Rahayu Harap Jembatan Penghubung Lamtim-Lamteng Kembali Difungsikan

Warga sampaikan keluhan kepada Anggota DPR RI I Komang Koheri terkait kondisi jembatan.(tik)--

RADARTV- Anggota DPR RI I Komang Koheri mendapat keluhan dari masyarakat Desa Restu Rahayu, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur terkait adanya jembatan penghubung antara kabupaten Lampung Timur dengan kabupaten Lampung Tengah yang mangkrak akibat pembangunannya mandek.

Didampingi sejumlah warga dan salah satu tokoh pemuda kecamatan Raman Utara Ida Bagus Wisnu Pujana, Ketut Ifan Suryana warga desa restu Rahayu, kabupaten Lampung Timur mengatakan bahwa  jembatan penghubung ini awalnya terbuat dari kayu dan dapat dilalui kendaraan roda dua.

Namun semenjak dibangun jembatan permanen delapan tahun lalu justru akses ini menjadi terputus lantaran pondasi jembatan yang berada di Desa Restu Rahayu Lampung timur tidak di timbun.

Sehingga masyarakat tidak dapat menyebrangi sungai tersebut baik dengan jalan kaki maupun menggunakan kendaraan.

Ketut Ifan Suryana menjelaskan bahwa jembatan ini merupakan akses terdekat warga Desa Restu Rahayu menuju Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah yang notabennya banyak perusahaan-perusahaan singkong dan sawit di daerah tersebut yakni sekitar 2,5 kilometer.

BACA JUGA:Gelar Silaturahmi Nasional, IKPPDS Resmi Launching Badan Wakaf dan Komunikasi IKPPDS

"Saat ini, warga harus melewati jalur lain yang jarak tempuhnya hampir 10 kali lipat. Kami berharap kepada Gubernur Lampung agar pondasi jalan pada jembatan tersebut dapat ditimbun sehingga jembatan dapat fungsikan kembali," jelas Ketut Ifan Suryana.

Sementara itu  saat mendampingi anggota DPR RI meninjau jembatan tersebut, anggota DPRD Provinsi Lampung Ni Ketut Dewi Nadi menjelaskan bahwa setelah melihat langsung kondisi jembatan dirinya langsung berkomunikasi dengan dinas terkait dan dalam waktu dekat Dinas Bina Marga Provinsi Lampung akan turun langsung melihat kondisi jembatan yang sudah mangkrak selama 8 tahun  tersebut.

"Jembatan ini merupakan akses penting masyarakat setempat untuk membawa hasil buminya ke pabrik-pabrik yang ada di kabupaten Lampung Tengah maka aspirasi ini untuk disampaikan kepemerintah provinsi Lampung agar aspirasi ini bisa menjadi prioritas pembangunan dan dapat direalisasikan," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan anggota DPR-RI I Komang Koheri, setelah melihat langsung kondisinya  Komang Koheri menyebutkan bahwa jembatan ini merupakan akses yang sangat penting bagi masyarakat karena lebih dekat dengan kabupaten Lampung Tengah sehingga bisa menekan biaya operasional para petani untuk membawa hasil buminya.

"Kami berharap Gubernur Lampung dapat mendukung kembali program pembangunan jembatan tersebut sehingga dapat merealisasikan apa yang menjadi harapan masyarakat. Jangan sampai  jembatan ini hanya akan menjadi monumen semata apalagi mayoritas penduduk di desa tersebut adalah petani." ujar I Komang Koheri.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: