Bina Desa IKAM Lamtim 2024, Membangun Desa Mandiri yang Berkualitas

Bina Desa IKAM Lamtim 2024, Membangun Desa Mandiri yang Berkualitas

Salah Satu Kegiatan Bina Desa IKAM Lamtim yakni pengolahan pakan ternak silase -Foto : Dok IKAM Lamtim-radartv.disway.id

RADAR TV - Ikatan Mahasiswa Lampung Timur (IKAM Lamtim) menggelar kegiatan Bina Desa IKAM Lamtim 2024, kegiatan sebagai upaya menciptakan desa mandiri yang berkelanjutan.

Kegiatan yang mengusung tema "Pengembangan Lingkungan Menuju Desa Mandiri yang Berkelanjutan" itu berhasil menarik perhatian masyarakat dan pemangku kepentingan di wilayah Lampung Timur.

Kegiatan Bina Desa IKAM Lamtim yang dipusatkan di Desa Gading Mas dibuka secara resmi oleh Camat Labuhan Maringgai, Hendri Gunawan, S.Sos., M.I.P.

Dalam sambutannya Hendri menyampaikan bahwa sebagai camat dirinya merasa bangga dengan IKAM Lamtim karena pemuda sebagai penerus bangsa harus belajar dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara langsung seperti yang dilakukan IKAM Lamtim.

“Apabila tidak dari kita sendiri yang menyadarinya maka siapa lgi yang akan peduli dengan lingkungan sekitar, kegiatan ini juga dapat menciptakan momen yang memicu semangat,” ujar Hendri, Minggu (4/2/2024). 


pembukaan dan workshop yang digelar IKAM Lamtim -Foto : Dok IKAM Lamtim-radartv.disway.id

Dalam kegiatan ini hadir pula kepala desa, bhabinkamtibmas, kepala dusun, dan masyarakat desa Gading mas yang menambah kemeriahan kegiatan Bina Desa. 

Pembukaan Bina Desa diisi pula dengan workshop tentang legalisasi produk oleh Pendamping Proses Produk Halal (P3H) Labuhan Maringgai yang disampaikan Chusin Asrori, S.H. 

Dalam workshop peserta mendapatkan wawasan mendalam tentang pentingnya legalitas produk dalam mendukung pemasaran yang luas. 

Sementara Muhammad Nasrulloh, mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Lampung sekaligus anggota Ikam Lamtim, memberikan materi tentang pendaftaran lokasi unit usaha di Google Maps, memandu peserta dalam memperluas jangkauan pasar mereka.

Dihari kedua kegiatan, Arif Rahman Hakim memberikan materi tentang strategi pemasaran yang efektif dan teknik pengemasan produk yang menarik. 

Disini peserta diajak untuk memahami perilaku konsumen dan menerapkan strategi pemasaran yang relevan dengan kebutuhan pasar. Materi ini menjadi landasan bagi pengusaha lokal untuk meningkatkan daya saing produk mereka di pasaran.

Hari kedua juga dipenuhi dengan kegiatan praktik dan materi tentang pakan ternak silase oleh Dicky Sulistiawan dan Rio Ramanda selaku alumni Ikam Lamtim. 

Para peserta diajak langsung terlibat dalam penyusunan pakan, membuka wawasan baru terkait nutrisi ternak dan praktik terbaik dalam meningkatkan hasil peternakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: