3 Petahana DPD RI Lampung Terancam, Ini Dia Sosok Kuat Para Penantang

3 Petahana DPD RI Lampung Terancam, Ini Dia Sosok Kuat Para Penantang

CALON DPD RI : Inilah calon anggota DPD RI asal Lampung dalam Pemilu tahun 2024. -kolase-

RADARTV - Dari 17 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) ada empat orang petahana. Mereka adalah Jihan Nurlela, Abdul Hakim, Ahmad Bastian Sy, dan Bustami Zainuddin. 

Jika tidak benar sungguh menggelar sosialisasi dan kampanye, melakukan pendekatan terhadap calon pemilih dan mengamankan suara. Bisa - bisa, para incumbent ini bisa lengser, digusur oleh para pendatang baru. 

Dari itung - itungan politis dan analisa, hanya Jihan Nurlela yang benar - benar di zona aman dan nyaman. Saat pemilu 2019, adik kandung Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus mantan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia ini tampil sebagai juara peraih suara terbanyak dengan 810.373 suara. 

Sang dokter cantik mengandalkan suara dari keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU). Baik yang berbasis di Lampung Timur, Lampung Selatan, Lampung Tengah dan pelosok Lampung lainnya. Mudah bagi Jihan Nurlela untuk bisa lolos ke Senayan untuk kali kedua. 

BACA JUGA:H - 30 Pemilu 2024 : Ini Dia Wajah Calon Anggota DPD RI asal Lampung

Ancaman paling serius ditebar untuk petahana di peringkat, 2, 3 dan 4. Jika hanya mengandalkan perolehan suara pemilu 2019. Bisa jadi, baik Abdul Hakim, Ahmad Bastian Sy, dan Bustami Zainudin akan tergusur.  

Berikut perolehan suara anggota DPD asal Lampung periode 2019 - 2024 

1. Jihan Nurlela 810.373 

2. Abdul Hakim 381.963  

3. Ahmad Bastian Sy 377.067

4. Bustami Zainudin 245.784

Empat Calon Kuat Anggota DPD RI 

Dari pelbagai kajian dan informasi pengamat politik. Dari 13 orang wajah baru, yang akan menjadi penantang bagi petahana setidaknya ada empat orang. 

Mereka adalah Farah Nuriza Amelia. Sosok anak muda ini merupakan anak mantan anggota DPR RI asal dapil Lampung I Ismayatun. Farah sangat potensial naik lagi karena basis massa milik orang tuanya yang masih terjaga.

Kemudian kuda hitam lain adalah Benny Uzer. Meski bergerak dari jalur perseorangan, pria ini dikenal sangat dekat dengan Partai Gerindra yang digadang akan mendukungnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: