KM Sumber Mandiri Diterjang Badai, Satu ABK Jatuh dan Hilang di Perairan Kuala Teladas

KM Sumber Mandiri Diterjang Badai, Satu ABK Jatuh dan Hilang di Perairan Kuala Teladas

Tim SAR gabungan melakukan pencarian korban Komarudin (39), pada Minggu pagi (14/1/2024). (Ist)--

RADARTV - Komarudin (39) Seorang ABK KM Sumber Mandiri terjatuh di Perairan Kuala Teladas Tulang Bawang, pada Sabtu (13/01) sekitar pukul 06.00 WIB.

Kejadian berawal saat KM Sumber Mandiri berangkat dari Kuala Teladas menuju ke perairan Mesuji, Jumat (12/01) sekitar pukul 05.00 WIB. 

Korban yang merupakan warga Kangkungan Gebang Mekar kota Cirebon terjatuh karena angin kencang dan badai. KM Sumber Mandiri telah melakukan pencarian secara mandiri namun belum di ketemukan. 

Selanjutnya Nahkoda KM Sumber Mandiri melaporkan kejadian tersebut kepada Pos TNI AL Kuala Teladas dan diteruskan ke Kom Center Kantor SAR Lampung pada Sabtu (13/01) pukul 15.20 WIB. 

Usai menerima laporan Tim SAR Gabungan melakukan pencarian korban pada Minggu (14/01/2024). 

BACA JUGA:Tujuh Hari Pencarian Balita Hanyut di Rajabasa Nihil, Operasi SAR Gabungan Dihentikan

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah, S.Sos. mengerahkan 1 tim Rescue Kantor SAR Lampung untuk menuju lokasi dan melaksanakan pencarian dan pertolongan. 

Pada Sabtu (13/01) Pukul 22.40 WIB Tim Rescue Basarnas Lampung tiba di lokasi dan langsung berkoordinasi dengan unsur SAR Gabungan yang terdiri dari personil Pos AL Kuala Teladas, Polairud Kuala Teladas, KPLP Kuala Teladas dan nelayan setempat. 

Tim SAR Gabungan langsung menyusun rencana pencarian untuk hari Minggu (14/01) pagi.

Pencarian pada Minggu (14/01) dimulai pada pukul 07.00 WIB. Tim SAR Gabungan membagi tim menjadi 2 SRU (SAR Rescue Unit) sesuai dengan rencana operasi yang telah disusun. 

SRU 1 melaksanakan pencarian dengan menggunakan perahu karet Basarnas radius 9 km ke arah Utara dari lokasi kejadian. SRU 2 melaksanakan pencarian dengan menggunakan perahu speed lidah milik Pos AL Teladas radius 9 km ke arah selatan dari lokasi kejadian.

BACA JUGA:Tim SAR Temukan Remaja Tenggelam di Sungai Kali Miring Tuba Dengan Kondisi Meninggal Dunia

Pukul 12.00 WIB Tim SAR Gabungan menghentikan sementara pencarian dikarenakan kondisi cuaca buruk (hujan disertai angin kencang). 

Kemudian Pukul 14.15 WIB Tim SAR Gabungan melanjutkan kembali pencarian ke area sektor masing masing. Pencarian hari ke 2 dilakukan hingga pukul 17.00 WIB dengan hasil nihil. Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan pada Senin (15/01) pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: