Semua Kota di Provinsi Lampung Diprediksi Diguyur Hujan Deras, Kecuali Metro, Sukadana dan Gedong Tataan

Semua Kota di Provinsi Lampung Diprediksi Diguyur Hujan Deras, Kecuali Metro, Sukadana dan Gedong Tataan

WASPADA : Peta potensi bencana Provinsi Lampung.-bmkg-

RADARTV - Kecuali Kota Metro, Gedong Tataan dan Sukadana. Semua ibu kota kabupaten / kota di Provinsi Lampung diperkirakan akan diguyur hujan lebat. Masyarakat pengguna kendaraan sepeda motor yang akan melakukan aktivitas di luar rumah diimbau untuk menyiapkan jas hujan. 

Dilansir dari laman Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung  Kamis 11 Januari 2024, telah menerbitkan peringatan dini. Akan terjadi hujan lebat, disertai kilat / petir dan angin kencang di seluruh daerah mulai siang hingga sore ini.  

Kota Bandar Lampung, Pringsewu dan Kota Agung ibukota Kabupaten Tanggamus. Kemudian Liwa ibukota  Lampung Barat dan Krui ibukota Pesisir Barat diprediksi akan mengalami hujan lebat di siang hari dan hujan ringan malam hari. 

Hujan lebat diperkirakan terjadi sepanjang siang hingga malam hari di Kota Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan dan Kota Wiralaga Mulya, Kabupaten Mesuji. 

Untuk Kota Gunung Sugih ibukota Kabupaten Lampung Tengah, Kota Bumi ibukota Lampung Utara dan Menggala kabupaten Tulang Bawang mengalami hujan lebat di siang hari dan dinihari.  

Sementara di Kalianda ibukota Lampung Selatan diprakirakan akan mengalami hujan lebat saat siang dan dini hari. Untuk Panaragan Jaya, ibukota Tulang Bawang Barat akan hujan ringan di siang hari. Lanjut malam dan dini hari akan mengalami hujan lebat.

Sejumlah antisipasi yang harus dilakukan pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) adalah dengan cara siap siaga 1 x 24 jam atas kerawanan kejadian bencana. 

BPBD sudah seharusnya memiliki peta kerawanan bencana, personel yang siaga dan standar operasional prosedure (SOP) penyelamatan dan penanganan bencana.

Tingginya curah hujan menyebabkan debit air di saluran drainase meningkat pula. Kondisi ini harus diwaspadai, jangan sampai timbul kembali peristiwa bocah hanyut saat mandi hujan seperti terjadi di Kota Bandar Lampung Senin 8 Januari 2024. 

"Kepada anak - anak yang bemain hujan hendaknya diawasi langsung, diberi pengawasan agar lebih waspada saat berada di dekat saluran drainase," tulis BPBD. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: