Coba – Coba Ala Shin Tae-yong : Timnas Indonesia Dicukur Libya 4 – 0

Coba – Coba Ala Shin Tae-yong : Timnas Indonesia Dicukur Libya 4 – 0

DICUKUR : Hasil akhir Indonesia 0 - 4 Libya.-Radar tv-

RADARTV – Seperti sudah diprediksi, Timnas Indonesia sulit mengembangkan permainan. Dalam friendly match, di Stadiom Titanic, Turkiye, Marc Klok dkk digulung dengan skor 4  gol tanpa balas. 

Kemenangan Libya dibukukan oleh penyerang sekaligus kapten tim Ahmed Krawa'a di menit 25 babak pertama. Lalu, Omar Al Khouja (58'), Nouradin Elgelaib (90'), dan Alaa Al Qidjar (90+2').  Gol pamungkas merupakan gol indah, yang dilesakan dari tengah lapangan, memanfaatkan kelengahan lini belakang, dengan melakukan tendangan voli, melampaui sang kipper Syahrul Trisna.

Nyaris semua gol tim lawan dikarenakan lemahnya lini belakang. Menghadapi tim dengan agresifitas tinggi, membuat Skuad Garuda sulit mengembangkan permainan. 

Sejauh ini, sepertinya Coach STY belum memiliki racikan jitu memilih 11 orang tim inti. Dia selalu melakukan eksperimen copot pasang pemain.  

Jalannya Pertandingan

Di babak pertama, STY menurunkan skuat inti Marc Klok dkk. Sedari awal, Libya tampil menekan hingga menyisakan setengah lapangan. Mengandalkan kecepatan dan keunggulan fisik, memaksa Timnas Indonesia tampil under pressure.  

Libya bermain sangat impresif, mengembangkan penampilan menyerang dan menekan lini belakang. Hal ini membuat Timnas harus tampil dari tekanan. Secara perlahan, Timnas mampu keluar dari tekanan dan meladeni permainan cepat. 

Petaka dimulai di menit 24, sapuan lini belakang yang gagal menyapu bola, mampu dimanfaatkan oleh Ahmed Ekrawa. Satu gol bertahan hingga jeda pertama. 

Memasuki babak kedua, terjadi pergantian seluruh tim, kecuali kipper Syahrul Trsina. Di awal babak, duet Jordi Amat dan Justin Hubner mampu meladeni Libya. Timnas Indonesia mampu keluar dari tekanan dan tampil menyerang.

Memanfaatkan lini kiri, Edo Febriansyah dan Adam Alis sempat merepotkan Libya. Bahkan satu tendangan keras Adam Alis dari luar kotak pinalti mampu ditepis dan membentur tiang gawang.

Begitu juga dengan lini kanan, Egi Maulana sebenarnya sempat mencetak satu gol. Namun dianulir oleh wasit karena dalam posisi off side.

Nah, tiga gol tambahan Libya murni karena kesalahan lini belakang Indonesia. Justin Hubner kurang teliti dan salah umpan saat membuang bola di lini belakang. 

Seharusnya kesalahan fundamental dan mental bertanding saat dalam posisi tertekan ini mampu di atasi. Masih ada satu kesempatan dalam laga persahabatan melawan Libya, yang akan digelart Jumat 5 Januari 2023, pukul 19.30 dari Turkiye. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: