Angkut Penumpang Libur Akhir Tahun 2023, DAMRI Kerahkan 1.324 Armada

Angkut Penumpang Libur Akhir Tahun 2023, DAMRI Kerahkan 1.324 Armada

LAYANAN DAMRI-damri-

RADARTV – Perusahaan Umum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Perum DAMRI) telah bersiap menghadapi masa libur akhir tahun 2023. Libur panjang mulai dari akhir pekan ini 22 Desember hingga awal Januari 2024, diperkirakan akan terjadi lonjakan arus penumpang. 

Menyambut libur akhir tahun 2023 dan tahun baru 2024, Perum DAMRI sudah menyiapkan 1.324 armada. Jumlah ini naik sekira 20 persen atau 231 unit jika dibandingkan jumlah armada tahun lalu yakni 1.093 unit.  

Jumlah armada yang telah disiapkan ini mengacu dengan perkiraan atau estimasi jumlah lonjakan penumpang yang akan melakukan perjalanan liburan akhir tahun. 

Seluruh armada ini beroperasi di seluruh Indonesia yang sudah ada Perum DAMRI. Mulai dari antar kota dalam provinsi (AKDP) hingga antar kota antar provinsi (AKAP). 

Seluruh armada dan awak bus sudah disiapkan jauh – jauh hari, untuk memberikan layanan optimal kepada calon penumpang. Dengan prinsip mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang. 

“Untuk masa libur akhir tahun 2023 – 2024, DAMRI telah menyiapkan 1.324 unit armada atau lebih banyak jikalau dibandingkan jumlah armada bus dioperasikan pada libur 2022 – 2023 yakni sebanyak 1.093,” kata Corporate Secretary DAMRI Chrystian R.M Pohan.

Dijelaskan Pohan, DAMRI terus menyempurnakan layanan pemesanan tiket. Tak hanya secara offline tapi juga secara online atau daring.  Salah satunya melayani pemesanan e-ticketing melalui DAMRI Apps dan Online Travel Agent sejak November 2023.

Dari aplikasi tersebut, calon penumpang bisa mengetahui secara rinci terkait ketersediaan armada, kelas, jumlah kursi, posisi kursi, jam keberangkatan hingga layanan lainnya. Setelah mendapatkan bus dan seat yang dipesan, maka calon penumpang diarahkan untuk melakukan pemesanan dan pembayaran.  

BACA JUGA:Libur Akhir Tahun, Ini Layanan DAMRI Rute Lampung – Jakarta dan Cara Pemesanan Tiket

Total untuk penjualan tiket perjalanan terhitung dari tanggal 26 November sampai dengan 19 Desember telah mencapai 63.908 ribu tiket perjalanan.

”Akses pemesanan tiket sekarang lebih mudah dan sangat menarik. Jadi semuanya transparan,” tandasnya.   

DAMRI secara keseluruhan total kursi yang disediakan selama libur akhir tahun ini adalah sebanyak 2,2 juta kursi, dengan rute layanan yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Jumlah pemesanan tiket tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah mengingat tiket perjalanan libur akhir tahun masih tersedia. “Dari total tiket yang terjual, terdapat rincian berdasarkan jenis layanannnya,” jelas dia. 

Untuk layanan Bisnis tercatat 12.021 tiket perjalanan, layanan Eksekutif tercatat 11.410 tiket perjalanan, layanan Royal tercatat 4.834 tiket perjalanan, juga disediakan layanan DAMRI di perbatasan luar negeri dan layanan menuju Bandara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: