Anak Sulit Sekolah, Orang Tua Penyandang Disabilitas Minta SLB di Kecamatan Rumbia

Anak Sulit Sekolah, Orang Tua Penyandang Disabilitas Minta SLB di Kecamatan Rumbia

Penyandang disabilitas meminta untuk didirikan sekolah khusus di kecamatan Rumbia.--

RADARTV - Warga kecamatan Rumbia, kabupaten Lampung tengah mengusulkan adanya sekolah khusus bagi penyandang disabilitas di wilayah timur Lampung Tengah.

Wahyu salah satu warga Rumbia yang memiliki seorang anak penyandang disabilitas tuna rungu menyampaikan, dirinya mengaku selama ini kesulitan dalam mendapatkan pendidikan yang layak untuk putrinya.

"Selama ini kesulitan untuk pendidiakan anak. Di Lampung Tengah sudah ada sekolah luar biasa bagi penyandang disabilitas akan tetapi jarak tempuhnya cukup jauh," unkapnya saat mengadiri kegiatan Hari Disabilitas (12/12) di kecamatan Seputih Raman.

Menurut Wahyu di kecamatan Rumbia dan sekitarnya banyak warga yang menyandang disabilitas dan karena keterbatasan ekonomi membuat mereka tidak bisa mendapatkan pendidikan yang semestinya karena jauh.

Untuk itu dirinya mengusulkan kepada para wakil rakyat baik di DPR RI, provinsi, maupun DPRD kabupaten Lampung Tengah yang hadir dalam peringatan hari disabilitas internasional untuk dapat mewujudkan harapan para penyandang disabilitas untuk didirikannya sekolah khusus mereka di kecamatan Rumbia.

BACA JUGA:24 Warga Lampung Terpapar Covid-19, Pasien Tersebar di 5 Kabupaten

"Saya mengusulkan kepada wakil rakyat internasional untuk dapat mewujudkan harapan para penyandang disabilitas untuk didirikannya sekolah khusus mereka di kecamatan Rumbia," pungkasnya.

Menanggapi usulan tersebut, anggota DPRD kabupaten Lampung Tengah Ni Made Winarti, mengatakan dirinya akan mengajukan usulan ini ke pemerintah daerah agar dapat di tindak lanjuti.

Menurut Winarti, adanya sekolah luar biasa di wilayah timur Lampung Tengah tersebut dirasa juga sangat penting.

SLB di wilayah timur sangat penting mengingat luas wilayah Lampung Tengah yang cukup luas membuat jarak tempuh yang harus dilalui  cukup jauh. Lampung tengah memang sudah ada beberapa sekolahluar biasa akan tetapi lokasinya yang cukup jauh dari kecamatan Rumbia," ujar Ni Made Winarti.

BACA JUGA:23 Ribu Tiket KA Kuala Stabas Mulai Dijual, Tiket KA Rajabasa Ludes

Winarti menambahkan para penyandang disabilitas ini sangat perlu di perhatikan terutama dalam mendapatkan layanan pendidikan sesuai dengan kekhususannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: