Tips Bersihkan Getah Labu Siam yang Menempel Ditangan

Tips Bersihkan Getah Labu Siam yang Menempel Ditangan

ilustrasi-foto : pexels-jude-limage-

RADAR TV - Labu siam merupakan salah satu jenis bahan makanan yang cukup populer. Bagi penikmat sayuran yang satu ini, selain diolah menjadi sayur atau campuran sayur seperti pada sayur asem, labu siap juga kerap dijadikan lalapan pada makanan sunda. 

Saat mengolah labu siam, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah getah yang menempel pada tangan. Untuk membersihkannya pun tidaklah mudah. Meskipun telah menggunakan sabun cuci piring, getah tersebut tak bisa sepenuhnya hilang. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya dengan cepat. Simak tips berikut ini: 

1. Menggunakan Minyak Goreng 

Cara membersihkan getah labu siam di tangan yang pertama adalah dengan menggunakan minyak goreng. Kamu dapat menggunakan minyak goreng merek apa pun yang ada di rumah. 

Caranya adalah dengan menggosokkan minyak goreng pada area tangan yang terkena getah selama satu menit. Kemudian, segera cuci tangan menggunakan air hangat untuk membersihkan getah yang menempel. 

2. Menggunakan Alkohol 

Apabila getah yang menempel di tangan cukup banyak, kamu bisa menggunakan alkohol untuk membersihkannya. Cara membersihkannya yaitu tuangkan alkohol pada spons atau kain lap. Lalu, gosok spons atau kain lap tersebut ke tangan secara perlahan. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga cairan meresap dan mengikis getah dari kulit. Jika sudah selesai dibersihkan, jangan lupa untuk membasuh tangan menggunakan air dan sabun untuk memastikan tidak ada getah yang tersisa. 

Meski cukup efektif untuk membersihkan getah, tetapi penggunaan alkohol dapat membuat kulit tangan kering. Pastikan gunakan alkohol secukupnya saja. 

3. Menggunakan Minyak Zaitun 

Selain minyak goreng, membersihkan getah ditangan bisa juga menggunakan minyak zaitun. Cara membersihkan getah di tangan menggunakan minyak zaitun adalah dengan menggosok-gosokannya selama sekitar 1 menit. Setelah itu, bilas tangan dengan air dan pastikan bahwa tidak ada getah yang masih tersisa. 

4. Rendam Tangan dengan Campuran Air Hangat dan Garam 

Membersihkan getah di tangan selanjutnya dapat dilakukan dengan campuran air hangat dan garam. Campuran air hangat, dan garam merupakan pembersih yang lembut dan alami, sehingga penggunaannya lebih aman.

Caranya, siapkan mangkuk dan isi dengan air hangat. Lalu, masukkan 2 sendok makan garam pada mangkuk, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Rendam tangan ke dalam campuran tersebut selama 3 sampai 5 menit sembari digosok sesekali. Jika sudah, keluarkan tangan dari rendaman dan biarkan hingga mengering. Cuci tangan dengan air dan sabun setelah mengering 

5. Menggosokan Tangan dengan Tanah 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: