PRAKIRAAN CUACA HARI INI : Semua Wilayah Di Provinsi Lampung Diperkiraan Hujan Di Malam Hari

PRAKIRAAN CUACA HARI INI : Semua Wilayah Di Provinsi Lampung Diperkiraan Hujan Di Malam Hari

PRAKIRAAN CUACA LAMPUNG : Ahad 3 Desember 2023.-bmkg-

RADARTV – DISCLAIMER : Informasi prakiraan cuaca ini disajikan berdasarkan indikator - indikator tertentu oleh Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Semua peristiwa di atas muka bumi ini terjadi atau tidak terjadi, tepat atau tidak tepat merupakan kehendak dan takdir Allah Subhanawata'ala.

Terhitung sejak akhir November 2023, mayoritas wilayah mulai di Provinsi Lampung diguyur hujan. hujan mulai intensitas ringan, sedang hingga lebat disertai petir / kilat disertai angin kencang.

Bahkan sejumlah daerah dengan hujan intentitas tinggi telah menyebabkan banjir bandang hingga tanah longsor. Seperti terjadi di sejumlah daerah di Kabupaten Tanggamus. 

Baik masyarakat, dan pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diminta meningkatkan siaga bencana. Termasuk mengecek kesiapan personel, dan sarana seperti alat berat dan setok kebutuhan makanan dan minuman.

Akhir pekan ini, pada Ahad 3 Desember 2023, merupakan wkatu tepat untuk berwisata. Seluruh wilayah ibukota kabupaten / kota di Provinsi Lampung sejak pagi hingga siang hari diperkirakan cerah hingga berawan

Namun jikalau mencermati bagan infografis di laman bmkg.go.id maka hujan merata akan terjadi di malam hari. Mayoritas hujan ringan akan terjadi di Kota Bandar Lampung, Metro, Gedong Tataan, Gunung Sugih, Kalianda, Menggala, Panaragan Jaya, Sukadana dan Wiralaga Mulya.

”Hujan intensitas lebat diperkirakan terjadi di Blambangan Umpu, Kota Agung, Kota Bumi, dan Liwa. Untuk hujan intensitas sedang kemungkinan terjadi di Krui dan Pringsewu,” sebut BMKG dalam info grafisnya.

Kendati demikian di kepala laman, tertulis dalam box warna kuning berupa peringatan dini yakni potensi terjadi hujan lebat disertai kilat / petir dan angin kencang terjadi di seluruh wilayah 15 kabupaten / kota. 

BPBD dan Masyarakat Harus Lebih Peduli

Berakhirnya musim kemarau panjang sebagai dampak pengaruh el nino, dan masuknya musim penghujan ditandai dengan mulai tingginya tingkat intensitas hujan menyebabkan masalah baru.

Sejumlah daerah terpantau mengalami bencana banjir bandang dan longsor. Banjir terjadi di salah satu daerah di Kecamatan Tanggamus. Selain menggenangi rumah, juga menyebabkan lumpuhnya aktivitas kegiatan belajar dan mengajar (KBM). 

Pihak sekolah terpaksa meliburkan siswa yang sedang melaksankan ujian akhir semester (UAS). Ini dikarenakan ruang kelas tak bisa digunakan karena masuknya genangan banjir dan endapan lumpur.

”Sekolah terpaksa kami liburkan, jadwal Ujian kami tunda hingga waktu kondusif,” ujar salah satu guru.

Pihak BPBD masing – masing daerah, harus lebih waspada. Dengan mulai memeriksa dan mengecek fungsi dan kelaikan sarana seperti alat berat, perahu karet, pelampung, kesiapan personel, setok makanan darurat hingga anggaran tanggap darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: