PRAKIRAAN CUACA LAMPUNG : 4 Wilayah Akan Diguyur Hujan Lebat

PRAKIRAAN CUACA LAMPUNG : 4 Wilayah Akan Diguyur Hujan Lebat

PRAKIRAAN CUACA LAMPUNG Senin 27 November 2023-bmkg-

RADARTV – DISCLAIMER : Informasi prakiraan cuaca ini disajikan berdasarkan indikator - indikator tertentu oleh Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG. Semua peristiwa di atas muka bumi ini terjadi atau tidak terjadi, tepat atau tidak tepat merupakan kehendak dan takdir Allah Subhanawata'ala.

Hari Senin 27 November 2023, seluruh wilayah ibukota kabupaten / kota di Provinsi Lampung diperkirakan akan diguyur hujan. 

Intensitas hujan mulai ringan, sedang, lebat dan lebat disertai petir / kilat serta angin kencang.

Secara umum, peringatan dini telah ditayangkan di laman bmkg.go.id. Isi keterangan dalam box kuning adalah Waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir / kilat di pagi hari terjadi di Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus dan Pesisir Barat.

Kondisi serupa akan terjadi malam hari yakni hujan disertai angin kencang di Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawanhg Barat, Lampung Tengah, Way Kanan, Lampung Barat, Pesisir Barat dan Tanggamus, Lampung Selatan, Lampung Timur, dan Lampung Utara.

Dari infografis yang disajikan, hujan lebat disertai petir akan terjadi di siang hari di Kota Gedong Tataan, ibukota Kabupaten Pesawaran, Gunung Sugih ibukota Lampung Tengah. 

Kondisi serupa diperkirakan akan terjadi di Krui, ibukota Pesisir Barat dan Liwa, ibukota Lampung Barat. Cuaca paling dingin diperkirakan akan terjadi di Liwa dengan suhu 19 – 22 derajat Celsius. 

Untuk Kota Bandar Lampung akan mengalami hujan ringan pada siang, malam dan dini hari. Terkait suhu relatif dingin mulai 23 – 28 derajat celsius.

Sejumlah kota juga terpantau mulai berkabut di malam hingga dinihari akan terjadi di Kabupaten Pringsewu. Lalu, di pagi hari terjadi di Wiralaga Mulya, Panaragan Jaya, dan Menggala. 

Waspadai Penyakit Musim Pancaroba 

Seringnya turun intensitas hujan ini bisa mengubah sistem kesehatan lingkungan. Masyarakat diimbau untuk menerapkan PHBS atau pola hidup bersih dan sehat. 

Antara lain sudah mulai memeriksa genangan air – genangan air di sekitar rumah yang sangat memungkinkan menjadi sarang nyamuk jenis aedes aegpty. Nyamuk jenis ini membawa penyakit demam berdarah dengue.

Kemudian penyakit lainnya adalah pilek dan flu. Khusus anak – anak dan orang tua harus menjaga imunitas tubuh dalam kondisi fit. Selain mengonsumsi makanan sehat, bergizi dan berserat juga tak boleh meninggalkan olahraga atau gerakan masyarakat sehat (Germas).

Biasanya gangguan pernafasansangat mudah menyerang. Begitu juga dengan cuaca dingin. Penyakit lain yang sangat memungkinkan untuk muncul adalah diare dan sejenisnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: