Tambah Pedas, Harga Cabai Merah Rp 100 Ribu Caplak Rp 110 Ribu per Kilogram

Tambah Pedas, Harga Cabai Merah Rp 100 Ribu Caplak Rp 110 Ribu per Kilogram

Pedagang mengeluhkan harga cabai sejak dua pekan terakhir terus naik.--

RADARTV - Menjelang natal dan tahun baru harga kebutuhan bahan pokok terus merangkak naik.

Dari pantauan www.radartv.disway.id di pasar tradisional Way Halim, Bandarlampung (23/11) harga cabai rawit caplak kini dijual Rp 110 ribu perkilogram, sebelumnya cabai rawit caplak dijual  Rp 80 ribu perkilogram.

Sementara cabai merah yang semula turun menjadi Rp80 ribu perkilogram kini kembali naik menjadi Rp 100 ribu perkilogram.

Sudarsini salah satu pedagang cabai menjelaskan, Selain trend menghadapi natal dan tahun baru, kenaikan harga disebabkan petani  gagal panen akibat kemarau panjang.

"Ya trend memang seperti ini, kalau akhir tahun harga pasti naik. Selain itu sekarang ini juga musim kemarau banyak petani yang gagal panen," kata Sudarsini.

Kenaikan sejumlah komoditi cabai di sejumlah pasar tradisional Bandar Lampung sudah berlangsung hampir dua pekan. "Naiknya sudah dua pekan terakhir, kemungkinan bakal sampe akhir tahun," jelasnya.

BACA JUGA:Resmi SNI Pertama di Lampung, Kemendag Minta Pasar Way Halim Evaluasi Fasilitas

Meskipun mahal, ibu rumah tangga tetap membelinya karena cabai merupakan kebutuhan utama rumah tangga. Warga berharap agar meminta pemerintah membantu harga kembali normal.

"Mau tidak mau harus beli karena untuk memasak. Semoga aja ada bantuan dari pemerintah yang bisa menurunkan harga cabai," kata Jeni Susila salah satu warga Perumnas Way Halim.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: