Sudah Dua Dekade Meninggal, Osama bin Laden Kembali Viral

Sudah Dua Dekade Meninggal, Osama bin Laden Kembali Viral

Osama bin Laden --

RADARTV - Dua dekade lalu, Osama bin Laden, pemimpin Al-Qaeda pernah menulis surat berjudul “Surat untuk Rakyat Amerika.”

 

Belakangan, isi surat menjadi viral di media sosial yang akhirnya memperdebatkan perang Israel-Hamas dan peran AS. 

 

Muncul anggapan, ini adalah bagian penting dari kebenaran Osama bin Laden yang membongkar partisipasi Amerika dalam mensponsori beragam kehancuran di berbagai belahan dunia, termasuk pendudukan Israel di Palestina

 

Surat ini sempat dimuat The Guardians. Namun segera dihapus dari lamannya. The Guardian mengatakan "Halaman ini sebelumnya menampilkan dokumen yang berisi, dalam terjemahan, teks lengkap “surat kepada rakyat Amerika” Osama bin Laden. Dokumen tersebut, yang diterbitkan di sini telah dihapus pada 15 November 2023.

 

Transkrip yang dipublikasikan di situs kami telah dibagikan secara luas di media sosial tanpa konteks lengkap. Oleh karena itu kami memutuskan untuk menghapusnya dan mengarahkan pembaca ke artikel berita yang awalnya mengontekstualisasikannya. 

 

Sementara, dalam sebuah video (yang masih tayang di aplikasi TikTok hingga Jumat sore) ditonton lebih dari 900.000 kali, seorang pengguna TikTok membuat klaim bahwa “semua yang kami pelajari tentang Timur Tengah, 11 September, dan 'terorisme' adalah sebuah kebohongan.” 

 

Penayangan video yang dibagikan dengan tagar #lettertoamerica telah ditonton lebih dari 14 juta kali , namun saat ini frasa tersebut tidak dapat dicari di aplikasi karena pelanggaran pedoman. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the guardian