PORWIL XI SUMATRA : Cabor Catur Raih Medali Tapi Tak Lolos PON XXI

PORWIL XI SUMATRA : Cabor Catur Raih Medali Tapi Tak Lolos PON XXI

CATUR.-sumbar.com-

RADARTV – Kontingen cabor catur Lampung menorehkan prestasi di ajang Pekan Olahraga Wilayah XI Sumatra 2023, di Provinsi Riau.  Dari tiga nomor yang dipertandingkan yakni catur kilat, catur cepat dan catur standar. Pecatur Sai Bumi Ruwa Jurai meraih medali 3 perunggu.  

Dalam pertandingan babak ke lima dan ke enam berlangsung Jumat 10 November 2023. Atlet catur asal Lampu mampu menambah 3 medali perunggu.

Rincinya, dua perunggu didonasikan Fikri Alkatiri yang turun di nomor catur kilat perorangan putra, dan catur cepat perorangan putra. ”Satu perunggu diperoleh Yuan Doni dari papan tiga catur standar,” kata pelatih Catur Lampung Andi Suryadi. 

Andri Suryadi mengatakan cabor catur yang dipertandingkan dalam multi event di Riau ini terdapat kategori perorangan dan beregu. Dengan klasifikasi yaitu catur kilat, catur cepat dan catur standar. 

”Dari ketiga nomor ini catur standar yang menjadi penentu lolos PON atau tidak,” ujarnya. 

Raih Medali Tapi Tak Lolos PON 

Menariknya prestasi meraih tiga medali perunggu itu seperti tidak bernilai apa-apa. Karena syarat lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh dan Sumatra Utara harus di atas itu. 

”Kami meminta maaf kepada masyarakat Lampung karena belum bisa mengantarkan tim catur lolos PON di Aceh - Sumatera Utara 2024 mendatang,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap mengapresiasi atlet catur Lampung yang telah berusaha maksimal berbuat yang terbaik dalam Porwil Sumatera di Riau. 

Menurutnya, masalah utama di Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Lampung adalah lambatnya atau tak berjalannya proses kaderisasi dan regenarasi atlet – atlet muda. Saat ini, komposisi atlet catur mayoritas berusia di atas 50 tahun yang berpengaruh dengan penampilan secara keseluruhan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: