KY Dukung Langkah Tegas Kejaksaan Agung OTT 3 Hakim PN Surabaya

Rabu 23-10-2024,20:46 WIB
Reporter : Hendarto Setiawan/MG15-Bagus D
Editor : Hendarto Setiawan

Hakim Damanik-Mangapul yang Terjaring OTT Tiba di Kejati Jatim. "Pengamanan terhadap 3 orang yang diduga menerima suap gratifikasi terkait perkara yang berkaitan dengan GRT," imbuh Mia.

Sedangkan terkait detail kasusnya, lanjut Mia, pihak Jampidsus Kejagung nantinya akan menjelaskan lebih lanjut.

"Tim dari Kejaksaan Agung, nanti jam 19.00 WIB, Pak Jampidsus yang akan langsung memaparkan kasus dan posisinya terkait perkara tersebut," ujarnya.

"Itu 3 hakim (pemutus bebas Gregorius Ronald Tannur), intinya kami hanya menyampaikan agar tidak simpang siur beritanya, karena lokasi (OTT) di sini, maka kami yang memfasilitasi. Sekarang masih pemeriksaan, nanti kita tunggu saja," imbuhnya.

Mia menjelaskan ketiganya diperiksa sebagai tersangka selama serangkaian penyidikan yang tengah dilakukan. Ia memastikan pengamanan ketiganya dilakukan oleh Korps Adhyaksa, bukan oleh Polda Jatim.

"Bukan dibawa ke Polda (Jatim), tapi dibawa ke Kejati Jatim untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," tandas Mia.

Sebelumnya, tiga orang hakim di Surabaya dikabarkan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) diduga terkait suap. Ketiganya kemudian diamankan ke Kejati Jatim.

"Ada 3 hakim yang diamankan," ujar Kasipenkum Kejati Jatim Windhu Sugiarta kepada detikJatim, Rabu (23/10/2024).

BACA JUGA:Ngeri Kali, OJK Catat 42 % Guru di Lampung dan Sumsel Terjerat Pinjol Ilegal

Tiga hakim Pengadilan Negeri Surabaya yang memberi vonis bebas pada terdakwa Gregorius Ronald Tannur ditangkap Kejaksaan Agung (Kejagung). Ketiganya ditangkap terkait kasus dugaan suap.

Diketahui, Ronald Tannur merupakan terdakwa pembunuh kekasihnya, Dini Sera Afriyanti. Ia merupakan anak eks anggota DPR RI Edward Tannur.

"Betul, nanti ada keterangan dari Kapuspenkum," kata Jampidsus Kejagung RI, Febrie Adriansyah, dilansir dari detikNews, Rabu (23/10/2024).

Sementara itu, Kapuspenkum Kejagung Harli Siregar juga membenarkan penangkapan itu. Dia juga membenarkan penangkapan itu terkait dugaan suap vonis bebas Ronald Tannur.

"Iya terkait itu," ucap Harli saat dimintai konfirmasi.

Kategori :