Aktif Tanpa Ribet: 10 Olahraga Ringan untuk Kaum Rebahan

Minggu 13-10-2024,03:37 WIB
Reporter : MG-16 Panji Akbar Wardana
Editor : Jefri Ardi

BANDAR LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM -Kaum rebahan adalah istilah yang merujuk pada orang-orang yang sering bermalas-malasan dan lebih memilih untuk rebahan daripada melakukan aktivitas lain, termasuk olahraga. Namun sangat penting untuk kaum rebahan tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga. Berikut beberapa olahraga ringan yang cocok untuk kaum “Rebahan” atau ingin beraktivitas dengan santai namun tetap menjaga kesehatan dan kebugaran.

1. Peregangan

 Peregangan adalah olahraga yang paling mudah. Olahraga ini dapat dilakukan dari tempat tidur atau sofa. Melakukan peregangan ringan akan membuat otot tubuh lebih lentur dan melancarkan sirkulasi darah. Berikut beberapa peregangan sederhana yang dapat dilakukan: 

• Meregangkan otot leher dan bahu

• Meregangkan otot punggung dan pinggul 

• Meregangkan otot tungkai dan lengan 

2. Plank

 Plank adalah salah satu olahraga statis yang sangat efektif untuk memperkuat otot inti. Meski terlihat mudah, planking membutuhkan ketahanan. Gerakan ini bisa dilakukan tanpa alat meski di ruang sempit. Mulailah dengan posisi plank selama 10 hingga 30 detik dan tingkatkan seiring waktu.

3. Leg Raises

 Leg raises adalah olahraga yang sangat cocok dilakukan sambil rebahan. Olahraga ini memperkuat otot perut dan kaki. Caranya adalah dengan berbaring telentang dan mengangkat kaki lurus ke atas baik secara bergantian atau bersamaan. Olahraga ini tidak membutuhkan banyak ruang serta bisa dilakukan di atas kasur maupun di lantai.

4. Bridge

 Olahraga ini membantu memperkuat otot punggung bawah, bokong, dan paha. Dari posisi berbaring, angkat pinggul hingga tubuh membentuk garis lurus dari lutut hingga bahu, tahan beberapa detik, lalu kembali ke posisi awal. Olahraga ini sangat efektif serta mudah dilakukan.

5. Bicycle Crunch

Gerakan ini dapat dilakukan dengan posisi berbaring hingga sangat baik untuk melatih otot perut. Dengan punggung rata di lantai, angkat kaki dan silangkan siku serta lutut secara bergantian dengan gerakan yang mirip dengan mengayuh sepeda. Ini adalah cara menyenangkan untuk membakar kalori sambil "bersantai".

6. Cat- Cow Stretch

Kategori :