Hari Kesaktian Pancasila, Mengenang sejarah dan makna, Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024

Selasa 01-10-2024,13:30 WIB
Reporter : MG - 23 - Aida Desmayanti
Editor : Hendarto Setiawan

 

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bisa menjadi pendorong kita untuk lebih mencintai dan memahami nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Sering kita lihat, banyak acara yang digelar untuk memperingati hari ini. Mulai dari upacara bendera disekolah-sekolah, lombah pengetahuan tentang sejarah, dan juga penayangan film documenter yang mengambil tema peristiwa tersebut.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang teristiwa apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana Pancasila bisa menjadi dasar negara untuk membangun bangsa yang maju.

Semakin lama bangsa berdiri, juga semakin besar juga tantangan bagi ideologi negara tersebuat. Banyak ideologi asing ayng mencoba mengusik dan mempengari generasi muda. 

Hal itu, membuat kita harus lebih mengedukasi diri sendiri dan orang sekitar, tentang apa yang sebenarnya terjadi dalam peristiwa terbentukan Pancasila menjadi ideologi bangsa Indonesia.

Dengan dilakukannya hal tersebut, kita bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta memastikan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tetap terkenang dalam hati setiap warga negara.

Kategori :