7 Amalan Sederhana untuk Meraih Keberkahan Hidup

Kamis 26-09-2024,20:14 WIB
Reporter : MG-15 Bagus Darmawan
Editor : Jefri Ardi

كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ اِلَيْكَ مُبٰرَكٌ لِّيَدَّبَّرُوْٓا اٰيٰتِهٖ وَلِيَتَذَكَّرَ اُولُوا الْاَلْبَابِ

"(Al-Qur’an ini adalah) kitab yang Kami turunkan kepadamu (Nabi Muhammad) yang penuh berkah supaya mereka menghayati ayat-ayatnya dan orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran." (QS. Shad: 29)

Denga membaca Al-Qur'an setiap hari, meskipun hanya beberapa ayat saja, dapat membawa ketenangan dan keberkahan dalam hidup.

4. Sedekah

Bersedekah adalah amalan yang dapat mendatangkan keberkahan untuk harta kita. Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an Surah Al Baqarah ayat 261:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

BACA JUGA:Menyebarkan Pesan Damai Islam di Era Digital

"Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti (orang-orang yang menabur) sebutir biji (benih) yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 261)

Bersedekah tidaklah harus dalam jumlah yang besar, karena yang terpenting adalah keikhlasan kita dalam memberi.

5. Shalat Tepat Waktu

Melaksanakan shalat tepat pada waktunya juga dapat membawa keberkahan untuk waktu dan rezeki yang diberikan Allah SWT kepada kita. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرّٰكِعِيْنَ

"Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'." (QS. Al-Baqarah: 43)

Mengutamakan shalat di awal waktu adalah salah satu cara kita untuk meraih keberkahan.

Kategori :