7 Amalan Sederhana untuk Meraih Keberkahan Hidup

Kamis 26-09-2024,20:14 WIB
Reporter : MG-15 Bagus Darmawan
Editor : Jefri Ardi

LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM - Di dalam kehidupan yang penuh dengan tantangan, kita seringkali selalu mencari cara untuk mendapatkan keberkahan dalam hidup ini. Dalam Islam mengajarkan bahwa keberkahan dalam hidup dapat diraih melalui amalan-amalan sederhana yang apabila dilakukan dengan ikhlas dan istiqomah maka amalan tersebut akan menuntun kita untuk meraih keberkahan hidup. Berikut adalah 7 amalan sederhana yang dapat kita lakukan untuk meraih keberkahan hidup:

1. Bersyukur

Bersyukur adalah kunci utama untuk membuka pintu keberkahan. Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an Surah Ibrahim ayat 7 :

BACA JUGA:Dakwah Ramah Lingkungan: Menyebarkan Pesan Islam Melalui Gerakan Peduli Alam

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

"(Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras." (QS. Ibrahim: 7)

Bersyukur merupakan perkara yang mudah namun biasanya sukar dilakukan,menyampaikan rasa syukur bisa dilakukan dengan mengucapkan "Alhamdulillah" atas segala nikmat yang diterima, sekecil apapun itu.

2. Berbakti kepada Orang Tua

Berbakti kepada kedua orang tua adalah salah satu jalan kita untuk mendapatkan keberkahan dalam hidup. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Tirmidzi, Beliau bersabda:

"Ridho Allah SWT bergantung dari ridho kedua orang tua dan kemurkaan Allah SWT bergantung dari kemurkaan orang tua. (HR. Tirmidzi)

Dan berbakti kepada orang tua ini bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti menghormati, mematuhi, dan mendoakan kedua orang tua.

3. Membaca Al-Qur'an

Dengan membaca Al-Qur'an secara rutin hal itu dapat membawa keberkahan dalam hidup kita. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an Surah Shad ayat 29:

Kategori :