Bikin Penonton Tertawa dan Takut, Film Dul Muluk Dul Malik Tayang di Bioskop

Selasa 17-09-2024,11:00 WIB
Reporter : MG-08-Jusi Dalefa
Editor : Reki. M

RADARTVNEWS.COM - Pada bulan September 2024, film "Dul Muluk Dul Malik mulai menarik perhatian masyarakat Indonesia. Film ini merupakan adaptasi dari cerita rakyat Sumatera Selatan yang kaya akan budaya dan kesenian tradisional. Berikut adalah sinopsis, beberapa fakta menarik, dan reaksi penonton tentang film ini.

Dul Muluk Dul Malik adalah film horor komedi yang dibintangi oleh Anwar Fuady, Bagas Ran, Meriam Bellina, Han beberapa artis senior lainnya.

Film ini disutradarai oleh Aditya Gumay, yang terkenal dengan film-filmnya seperti "Bus Om Bebek" dan "Ada Surga di Rumahmu. 

Cerita film ini berfokus pada tokoh Dul Muluk yang mengajak cucunya, Dul Malik, pindah dari Pagaralam ke Palembang untuk membantu keponakannya, Ning Mas. 

Ning Mas dan ibunya diteror oleh hantu di wisma mereka, sehingga Dul Muluk dan Dul Malik harus menghadapi berbagai petualangan untuk menyelamatkan mereka.

Menariknya, Dul Muluk Dul Malik menggunakan bahasa Sumsel dari awal hingga akhir dialognya. Bahkan, beberapa pemain lain harus belajar dialek Sumsel untuk memastikan akurasi budaya dalam film ini. 

Penggunaan bahasa daerah ini merupakan upaya untuk mengangkat budaya dan kesenian tradisional Sumatera Selatan, terutama cerita rakyat tentang Dul Muluk. Dul Muluk juga dikenal sebagai bentuk teater yang menampilkan kelucuan para pemainnya, namun sarat akan pesan dan nasihat.

Film ini bergenre horor komedi, yang membuatnya layak jadi tontonan keluarga Meskipun bukan berasal dari Sumsel, film ini menawarkan budaya, tradisi, dan pesan yang perlu diketahui. 

Anwar Fuadi, salah satu pemain utama, berharap film ini akan muncul produser-produser daerah yang mengangkat cerita rakyat di wilayahnya. sehingga penonton banyak disuguhkan film dengan dialek daerah beredar di seluruh Indonesia.

Dul Muluk Dul Malik tayang mulai Kamis, 12 September 2024, di bioskop-bioskop seperti CGV Cinema dan Cinepolis di Indonesia. 

Film ini juga sudah tayang di bioskop hari ini, tanggal 17 September 2024, di seluruh bioskop Indonesia, termasuk Cinema 21, XXI, Cinepolis, CGV, Platinum Cineplex, NSC, Kota Cinema, dan lainnya.

Sebelum tayang perdana, para pemain "Dul Muluk Dul Malik menggelar jumpa pers di cafe Liu Kitchen di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Minggu (1/8/2024) Acara ini dihadiri oleh Anwar Fuadi, Roy Marten, Dwi Yan, Meriam Bellina, dan produser Yacob Candra. 

Mereka berharap film ini akan menjadi pemicu pengusaha daerah membuat film legenda daerahnya, sehingga penonton banyak disuguhkan film dengan dialek daerah beredar di seluruh Indonesia.

Gala premiere dan press screening film Dul Muluk Dul Malik dilaksanakan di Bioskop XXI Epicentrum Kuningan Jakarta, Selasa, 10 September 2024. 

Acara ini meriah dihadiri para cast pemainnya dan juga para tamu undangan lainnya, seperti para penjabat Sumsel, dan juga para selebritis tanah air Indonesia.

Kategori :