Bappenas Yakin Pembangunan Kotabaru Berpeluang Dilanjutkan Kembali

Jumat 16-08-2024,11:00 WIB
Reporter : Prima/ MG03-Amanda Alifia
Editor : Hendarto Setiawan

RADAR TV - Direktur Regional I Kementerian PPN/Bappenas Abdul Malik Sadat menyampaikan jika pembangunan di Kotabaru, Lampung Selatan sangat berpeluang untuk dilanjutkan kembali. 

Hal tersebut disampaikannya dalam seminar Kotabaru yang berlangsung di Hotel Golden Tulip, pada Kamis 15 Agustus 2024. Kata Abdul Malik Sadat, peluang tersebut terlihat dari telah dimiliki lahan dan tinggal melakukan langkah-langkah secara prosedural dan secara bisnis. 

Abdul Malik Sadat meminta Pemprov Lampung untuk dapat memperbaharui visi misi dalam rangka melanjutkan kembali pembangunan pusat pemerintahan di Kotabaru. 

Pembaruan tersebut tidak lain untuk memberikan nilai jual yang positif, mengunggah, dan memancing banyak peminat untuk memanfaatkan ketersediaan lahan dan infrastruktur dasar di Kotabaru.

Sedang, terkait pembiayaan, Pemprov Lampung dapat mengajak para investor serta menggunakan APBD dan APBN. 

"Setelah nanti projek definisi nya jelas misalnya tadi rencana perumahan ASN 70 hektare maka nanti secara otomatis perlu beberapa dukungan," ucapnya.

"Seperti penyediaan air minum, tranportasi hingga fasos dan fasum itu yang sinergi antara non APBN dengan APBN dan APBD. Dan master plan juga belum selesai legalitas nya masih ada pilihan sehingga itu yang akan di study lebih lanjut," sambungnya.

Menurutnya, salah satu aktivitas yang akan digerakkan di Kotabaru adalah perumahan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta aktifitas pemerintahan serta pendidikan. 

"Bisa dimulai dari pemerintahan terus aktivitas nya dari pusat pendidikan yang ada. Yang awal akan digerakkan salah satunya adalah perumahan untuk ASN karena masih banyak juga ASN yang belum punya rumah," ungkapnya.

Diketahui, Abdul Malik didampingi Kepala Bappeda Provinsi Lampung Elvira Umihanni meninjau Kotabaru Lampung Selatan, pada Rabu 14 Agustus 2024.

Abdul Malik menyebutkan bahwa Provinsi Lampung agar belajar dan mendengar dari pembangunan kota lain yang kasusnya seperti Kotabaru saat ini.

"Kita menatap ke depan akan seperti apa agar ini bisa opsional tumbuh mencapai kemanfaatan, mungkin nanti akan direformulasi lagi tahapan-tahapannya ini. Kebetulan di Bappenas juga ada kegiatan nantinya akan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah," ujar Abdul Malik.

"Kita sama-sama selesaikan secara bertahap agar terbangun, ada prospek untuk melanjutkan pembangunan karena tanahnya sudah ada tinggal formula - formula yang nanti akan kita pikirkan inovasinya, kemudian sesuai dengan prospek-prospek sehingga pembangunannya secara alami dan bisa berkembang," lanjutnya. 

Nanti akan di lihat desainnya, di optimalkan dan setiap tahun ada progres yang tujuannya adalah kebahagiaan bagi warga yang akan tinggal di Kota Baru. Fasilitas kesehatannya seperti saat ini sudah terlihat, ada Rumah Sakit dan sudah beroperasi yang nantinya bisa memberi kemudahan bagi masyarakat. 

"Kita juga akan mengimbangkan fungsi pemerintahan, fungsi hunian jadi saling melengkapi jadi bisa lebih hidup," ujar Abdul Malik.

Kategori :