Lima Mahasiswa Itera Jalani Program KKN Kebangsaan ke-XII Di Maluku

Senin 29-07-2024,09:31 WIB
Reporter : Anggi / MG-01-Gabriele Michael
Editor : Hendarto Setiawan

RADAR TV - Lima mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) menjadi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan ke-XXI yang diselenggarakan di Maluku, oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjendikti Ristek, Kemdikbud RI. 

Kegiatan KKN Kebangsaan dilaksanakan pada 26 Juli sampai 26 Agustus 2024.

Kelima mahasiswa tersebut yaitu Ditra Kristian (Matematika), Muslimin (Rekayasa Instrumentasi dan Automasi Ramanda), Maulidah Az Zahra (Teknik Kimia), Aidah Zahran Nurbaiti Rohmah (Teknik Biomedis), dan Nabila Anilda Zahrah (Sains Data).

Delegasi ini diantarkan oleh perwakilan Itera untuk sekaligus mengikuti kegiatan pembukaan KKN Kebangsaan di Islamic Center Ambon pada Minggu, 25 Juli 2024.

Sekretaris LPPM Itera Dr. Muhamad Fatikul Arif, S.T., M. Sc., menyampaikan, KKN Kebangsaan adalah salah satu program nasional yang mewujudkan konsep tridarma perguruan tinggi.

Itera mengirimkan delegasi mahasiswa mengikuti kegiatan KKN Kebangsaan, sambung dia, untuk memupuk semangat kebangsaan di kalangan mahasiswa, yang nantinya dapat ditularkan ke mahasiswa lain. 

Sesuai dengan kata pepatah Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, mahasiswa diharapkan dimanapun nanti berada akan tetap menjaga nama baik almamater dan tetap menjunjung tinggi adat istiadat setempat. 

Kehadiran mahasiswa ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi semua, baik masyarakat, perguruan tinggi, maupun mahasiswa itu sendiri.

Di awal kegiatan, Ketua Panitia KKN Kebangsaan ke-XII, Prof. Dr. M. Salakory., M. Kes., menyampaikan bahwa KKN Kebangsaan ini diikuti oleh 500 peserta yang berasal dari 70 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang dipersiapkan untuk mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kebutuhan membangun negeri. 

Prof. Salakory juga menyampaikan bahwa tujuan KKN Kebangsaan ini adalah meningkatkan kesadaran mahasiswa, membangun jejaring mahasiswa di seluruh penjuru bangsa Indonesia, mendorong kegiatan pembangunan nasional serta mengembangkan watak, karakter dan soft skill melalui jiwa-jiwa kemandirian dan etos kerja yang baik.

Selanjutnya Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd., menyampaikan harapan agar mahasiswa dapat kembali lagi membangun dan mengembangkan 44 desa yang pernah mereka bangun melalui KKN Kebangsaan. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi yaitu Prof  Dr. Rer. Nat. Abdul Haris, M.Sc., yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan KKN Kebangsaan ke XII tahun 2024 dan Pencanangan Zona  Integritas Universitas Pattimura, menyampaikan mahasiswa diharapkan dapat berpikir terbuka pada budaya lain agar bisa merajut kebhinekaan sesama peserta dan masyarakat lokal. 

KKN Kebangsaan adalah bentuk integrasi seluruh unsur tridarma Perguruan Tinggi pendidikan, penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa secara langsung sehingga diharapkan dapat membangun desa dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat

Sebagai Informasi,  KKN Kebangsaan XII tahun 2024  dilaksanakan di Provinsi Maluku dengan tema Memperkokoh Nilai-Nilai Kebangsaan dalam Mewujudkan Desa Mandiri di Daerah Kepulauan. 

KKN Kebangsaan akan dilakukan di beberapa lokasi yaitu di Kabupaten Seram Bagian Barat (Kecamatan Kairatu, Amalatu, Taniwel, Inamosol), Kabupaten Maluku Tengah (Kecamatan Amahai, TNS, Seram Utara Barat, Teluk Elpaputih, Leihitu), Kab Buru (Kecamatan Namlea, Waeapo, Liliali) dan Kota Ambon. 

Kategori :