Perempuan Wajib Tahu, Tips Memilih Pembalut Aman dan Nyaman

Jumat 17-05-2024,15:50 WIB
Reporter : MG02DNA
Editor : Admin

RADAR TV - Kaum hawa wajib tahu dan selektif dalam memilih pembalut yang aman dan nyaman. Pembalut yang aman dan nyaman dapat menunjang kelancaran aktivitas kamu seharian.

Menstruasi menjadi siklus bulanan seorang wanita yang umumnya berlangsung pada 5-7 hari. Banyak wanita yang mengeluhkan yang dirasakan seperti nyeri atau kram dibagian perut dan punggung.

Hal ini bisa diatasi dengan mengompres bagian yang kram menggunakan air hangat. Namun, apabila sakit yang dirasakan tidak kunjung reda kamu bisa langsung konsultasi atau memeriksakan diri kepada tenaga medis. 

Keamanan dan kenyamanan ketika menstruasi sangat diperlukan, terlebih bagi seseorang yang memiliki berbagai aktivitas. Tetap kita harus melakukan pola hidup sehat meskipun terdapat keluhan yang kita rasakan.

Kita harus tetap mengkonsumsi makanan yang sehat, istirahat teratur, dan melakukan olahraga secara rutin. Hal ini penting dilakukan agar daya tahan tubuh kita terjaga dan tetap bugar saat dalam periode menstruasi. 

Selain itu, memilih kenyamanan pada pembalut yang kita gunakan itu penting banget loh! Selain kenyamanan, menjaga kesehatan miss V saat menstruasi itu penting salah satunya adalah dengan menggunakan pembalut yang tepat. Meskipun faktanya, masih banyak wanita yang kurang peduli dengan hal ini.

Memilih pembalut yang aman dan nyaman itu tidak sulit kok! Cukup sesuaikan dengan aktivitas yang biasa kamu lakukan sehingga kamu bisa tetap melakukan aktivitas sehari-hari. Memilih pembalut yang aman juga dapat menghindarkan organ reproduksi kita terhindar dari ruam, infeksi, dan iritasi.  

Dilansir dari halodoc.com bahwa setiap wanita mengeluarkan volume darah menstruasi yang berbeda-beda. Intensitas dimana  darah banyak keluar terjadi pada hari pertama dan akan berangsur menyusut menuju akhir-akhir periode menstruasi.

BACA JUGA: Kamu Wajib Tahu, Ini Deretan Makanan yang Bagus Untuk Jaga Kesehatan Reproduksi

BACA JUGA: Orang Tua Harus Ajari Anak Perempuan Tentang Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

Dengan demikian kamu memerlukan pembalut yang bikin nyaman dan sesuai dengan aktivitas yang biasa kamu lakukan. Apalagi sekarang banyak sekali jenis pembalut yang dijual dan sudah sudah tertera tipe pembalut pada kemasan. 

Di Indonesia, pembalut yang dikategorikan aman adalah pembalut yang memiliki izin resmi edar oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Bukan tanpa alasan, sebelum izin edar diberikan akan dilakukan uji lab tertentu terlebih dahulu. Namun, kadang kita tidak mengetahui bagaimana uji lab yang dilakukan tersebut.

Nah, berikut ini tips  yang bisa kamu gunakan ketika memilih pembalut yang aman menurut halodoc.com : 

1. Memilih pembalut yang memiliki label SNI

Dengan memilih pembalut yang berlabel SNI, secara tidak langsung pembalut tersebut aman karena sudah terjamin kelayakan dan kualitasnya berdasarkan ketentuan yang berlaku. 

Kategori :