Tranformasi Perpusda Lampung Menjadi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Senin 15-01-2024,23:03 WIB
Reporter : Jeni Pratika Surya
Editor : Septa Ardinata

RADARTV - Usai di rebab selama tiga bulan, perpustakaan daerah (Perpusda) Lampung kembali dibuka per 2 Januari 2024. Dilokasi baru Perpusda menempati lahan seluas 19.000 M2  dengan luas bangunan 10.000 M2.

Sejak Februari sampai September 2023 terdapat 18.103 pengunjung datang ke Perpusda Lampung. Perpusda Lampung memiliki koleksi buku fisik sekitar 65.181 judul dan 3.874 judul E Book. 

Kedepan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung akan melakukan inovasi pada area Perpusda.

Gedung Perpusda tidak hanya menjadi tempat kumpulan buku-buku dan kantor, tetapi akan dimaksimalkan pemanfaatannya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Riski Sofyan, mengatakan pasca kembali buka usai rehab pihaknya masih terus berbenah. Gedung Perpusda dilengkapi ruang disabilitas dan laktasi sesuai standar Ombudsman.

"Kedepan gedung Perpusda ini akan dimaksimalkan penggunaannya. Seperti pemanfaatan sayap-sayap gedung yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM. Perpusda juga mengikuti perkembangan zaman yang dilengkapi dengan fasilitas serba digital," ungkap Riski (15/1).

BACA JUGA:Gaduh Penolakan Pembangunan Superblok di Eks Hutan Kota, Pemkot Sebut PT HKKB Teledor

Ada empat lantai gedung Perpusda yang menyatu dengan Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung.

Lantai pertama diperuntukan untuk layanan baik itu berisikan layanan buku-buku umum, refrensi, alat peraga iptek dan lainnya. Kedapan akan dibangun ruang disabilitas dan laktasi karena standar gedung pelayanan harus sesuai Ombudsman ramah difabel.

Dilantai dua terdapat layanan koleksi deposit untuk memberikan perlakuan khusus dengan dilakukan pemeliharaan fumigasi sehingga kertas-kertas lama yang ada tidak rusak.

Untuk lantai tiga dan empat diperuntukan untuk perkantoran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung.

BACA JUGA:8 Pengurus Kabupaten Perbakin Provinsi Lampung Priode 2023-2027 Resmi Dilantik

Perpusda Lampung saat ini telah memiliki aplikasi digital e Perpus dengan koleksi lebih dari enam ribuan. Pojok baca digital di Perpusda Lampung terkoneksi ke Perpusnas yang dapat di akses dari Lampung.

Perpusda Lampung Koleksi Buku Fisik yaitu 65.181 judul dengan 180.152 eksemplar, Koleksi Buku E Book 3.874 judul dengan 6.699 eksemplar.(*)

Kategori :