LAMPUNG MEMANGGIL : Ikuti Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung Tahun 2024

Rabu 03-01-2024,09:20 WIB
Reporter : coy h siregar
Editor : Hendarto Setiawan

RADARTV - Informasi ini sangat penting untuk kamu, Muli dan Mekhanai di Provinsi Lampung yang memiliki kemampuan dan ketertarikan mengembangkan bidang kebahasaan.

Nah, awal tahun 2024 ini, Balai dan Kantor Bahasa 31 provinsi seluruh Indonesia sudah menyiapkan agenda pemilihan Duta Bahasa. Kegiatan ini dimaksud untuk melahirkan generasi muda yang siap berperan serta dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia guna memperkuat jati diri dan daya saing bangsa. 

Hal ini selaras dengan cita-cita pemuda Angkatan 1928, yang mencetuskan nama bangsa Indonesia dan bahasa Indonesia sebagai kebanggaan bersama. 

Seputar Duta Bahasa 

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sejak tahun 2006, membentuk Duta Bahasa. Duta Bahasa tidak hanya memiliki kemahiran berbahasa Indonesia secara baik dan benar, tetapi juga peduli dalam melestarikan bahasa daerah dan mampu menguasai bahasa asing strategis. 

Proses pendaftaraan dan tahap seleksi tidak dipungut biaya alias gratis. Nah menariknya, panitia sudah menyiapkan total hadiah senilai Rp35 juta. 

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Desi Ari Pressanti, menyatakan peran generasi muda sangatlah dinanti dalam memasyarakatkan bahasa Indonesia. 

BACA JUGA:Rivaldi – Yolanda : Tiga Rasa Di Panggung Duta Bahasa

"Pemilihan Duta Bahasa merupakan kesempatan terbuka yang dapat diikuti oleh para pemuda dari seluruh Provinsi Lampung untuk dapat terlibat aktif dan nyata dalam pengutamaan bahasa negara, pelestarian bahasa daerah, dan penguasaan bahasa asing," kata Kepala KPBL. 

Setelah terpilih, para finalis akan terlibat langsung dalam berbagai kegiatan bahasa, sastra, dan literasi yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Lampung dan Ikadubas.

Menariknya, pemenang pertama dalam Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung akan dikirim mewakili Provinsi Lampung dalam kompetisi tingkat nasional untuk bersaing dengan delegasi dari provinsi se-Indonesia. 

Para finalis akan diberi pembinaan serta pendampingan melalui berbagai pelatihan keterampilan, baik terkait kebahasaan dan kesastraan maupun keterampilan lain yang sesuai dengan perkembangan zaman. 

Selain tergabung dalam Ikadubas, para finalis akan menjadi mitra Kantor Bahasa Provinsi Lampung dalam pelaksanaan pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia serta pelindungan bahasa daerah.

Pendaftaran Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung Tahun 2024 telah dibuka sejak 1 Januari 2024 hingga 30 Januari 2024. 

Kategori :