Jadi Tersangka Penistaan Agama, Polda Lampung Langsung Tahan Komika Aulia Rakhman

Minggu 10-12-2023,15:08 WIB
Reporter : Satrio Ongko Wijoyo
Editor : Hendarto Setiawan

RADARTV – Komika Lampung Aulia Rakhman resmi menjadi tersangka dan ditahan atas kasus dugaaan penistaan agama. Melalui pemeriksaan maraton, sejak Jumat 8 Desember 2023 malam. 

Akhirnya , Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Lampung menetapkan komika berusia 33 tahun itu sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama. 

Alumni kampus IAIN Raden Intan tahun 2008 ini sebelumnya diamankan dari kediamanya di kawasan Sukarame, Bandar Lampung sejak Jumat malam. Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, Aulia yang terkenal karena banyolan stand up comedy garing itu tak lagi diperkenankan pulang.

Kepala Bidang Humas Polda Lampung Komisaris Besar Umi Fadillah Astutik membenarkan jikalau tim penyidik telah menetapkan Aulia Rakhman (AR) sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Dari hasil pemeriksaan atas AR. Tujuh orang saksi dan 5 orang ahli, menyatakan komika berinisial AR itu diduga telah melakukan penistaan agama," kata Umi, Ahad 10 Desember 2023.

BACA JUGA:Giliran Habib Umar Assegaf Laporkan Aulia, Komika yang Lecehkan Nabi Muhammad

Tersangka AR dijerat dengan Pasal 156 huruf a KUHP tentang penodaan agama subsider Pasal 156 KUHP tentang ujaran kebencian terhadap suatu golongan.

Umi memastikan tersangka AR selanjutnya ditahan di Mapolda Lampung untuk diproses lebih lanjut. Sejumlah elemen melaporkan materi stand up comedy saat acara kampanye Desak Anies, di Kafe Bento, Sukarame, Kamis 7 Desember. 

Panitia Desak Anies menunjuk AR untuk tampil mencairkan suasana sebelum kedatangan Anies.  Dalam penampilan video viral berdurasi 9.15 menit itu dengan nada sarkas, Aulia telah merendahkan, mengolok – olok, mencela kedudukan Nabi Muhammad Shalallah Alaihi Wasssalam.

"Coba lu cek di penjara ya, ada berapa nama Muhammad, kayak penting aja nama muhammad itu sekarang ya, udah dipenjara semua", kutipan materi stand up comedy. 

Ada Unsur Kelalaian Panitia Desak Anies

Konsep kampanye Desak Anies ini memang sengaja digunakan paslon 01 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) untuk menggaet anak – anak mileneal. Panitia daerah mengundang komika lokal untuk menyampaikan materi kritikan terhadap paslon 01. 

Kesempatan ini, komika Aulia Rakhman dihubungi salah satu tim dan panitia bernama Farhan. Aulia ditawari honor sebesar Rp1 juta untuk tampil di acara Desak Anies. 

BACA JUGA:Polda Lampung Telah Amankan Komika Lampung Terduga Lecehkan Nabi Muhammad

Sayang sepertinya baik panitia dan tim pemenangan AMIN tidak melakukan verifikasi materi yang akan disampaikan komika. Seharusnya, tim dan panitia memeriksa materi tertulis yang akan dibawakan oleh Aulia Rakhman.

Kategori :